Tim PPK Ormawa HIMA S1/Ners FKep UNEJ Latih Kader Saung Tani CEKATAN Antirogo: Tingkatkan Kapasitas Skrining Kesehatan Petani

Eko Rudianto
14 Agustus 2024 | 15.46 WIB Last Updated 2024-08-14T09:32:32Z

Sumber: Dokumentasi Pribadi [Pembukaan Acara Pelatihan Cek Kesehatan Kader Saung Tani CEKATAN]

JEMBER | JATIMSATUNEWS.COM : Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan, Tim PPK Ormawa HIMA S1/Ners melalui program Saung Tani Cekatan menggelar kegiatan pelatihan cek kesehatan bagi kader CEKATAN. Di Desa Antirogo pada Senin, (22/7/24). 

Acara ini dihadiri oleh 30 kader tetap dengan pendampingan dari tim pelaksana, dan tim pendukung PPK Ormawa HIMA S1/Ners FKEP UNEJ dan Ns. Rismawan Adi Yunanto, S.Kep., M.Kep sebagai dosen pendamping. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kader CEKATAN agar mampu menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan rutin bagi para petani di Antirogo. Program ini sebagai salah satu subprogram dari Saung Tani Cekatan untuk membentuk Desa Pertanian Sehat Antirogo.  

Program ini merupakan subprogram yang pertama yang meliputi pelatihan dalam pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol serta penilaian kesehatan untuk mendeteksi penyakit tidak menular seperti hipertensi, kolesterol, asam urat, gula darah, dan kelainan deformitas. Pelatihan ini diharapkan akan membekali kader dalam memberikan informasi dan edukasi kepada petani mengenai pentingnya skrining kesehatan dalam upaya mencegah ataupun mendeteksi penyakit tidak menular yang mengancam kualitas hidup petani.  

Sumber: Dokumentasi Pribadi [Praktik Cek Kesehatan oleh kader Saung Tani CEKATAN]

Ketua RW 4, Kelurahan Antirogo, Bapak Arif, memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Ia menyampaikan, "Program ini sangat bermanfaat dan meningkatkan kesadaran serta kewaspadaan masyarakat terhadap kesehatan. Dengan adanya kader yang terlatih, kami yakin masyarakat akan lebih peduli dan proaktif dalam menjaga kesehatan." Selain ketua RW, bidan, perawat, dan PPL Antirogo turut hadir dalam kegiatan ini. Tenaga kesehatan menyampaikan sangat terbantu dengan adanya program Saung Tani Cekatan yang dilaksanakan tim PPK Ormawa Hima S1/Ners FKep UNEJ.

Salah satu kader Saung Tani Cekatan, Pak Dhani, juga mengungkapkan pendapatnya mengenai program ini. Ia mengatakan, "Program sebelumnya mengenai edukasi PTM, saat ini skrining atau cek kesehatan. Program pelatihan ini sangat bermanfaat dan saya tidak sabar untuk pertemuan selanjutnya."

Sumber: Dokumentasi Pribadi [Kader Saung Tani CEKATAN, Dosen Pembimbing, Tim Pelaksana Ormawa, Tim Pendukung, dan Mitra dalam Program Pelatihan Cek Kesehatan]

Kegiatan pelatihan cek kesehatan ini merupakan sub program pertama dari program Saung Tani Cekatan yang bertujuan untuk memberikan pelatihan keterampilan kepada kader dalam upaya screening kesehatan. Diharapkan, melalui kegiatan ini, masyarakat Desa Antirogo akan lebih meningkat kapasitas nya dalam menjalankan upaya kesehatan serta cara menjaga kesehatan agar terhindar dari berbagai penyakit yang bisa mengganggu produktivitas mereka.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim PPK Ormawa HIMA S1/Ners FKep UNEJ Latih Kader Saung Tani CEKATAN Antirogo: Tingkatkan Kapasitas Skrining Kesehatan Petani

Trending Now