Survei Visitasi Kemenag Lumajang di Pesantren Madinatul Qur'an Umbul

Admin JSN
23 Agustus 2024 | 12.34 WIB Last Updated 2024-08-23T05:34:35Z
Kemenag Lumajang melakukan kunjungan kerja di Ponpes Madinatul Qur'an Umbul untuk mengevaluasi kualitas pendidikan yang diberikan pesantren

LUMAJANG|JATIMSATUNEWS.COM - Madinatul Qur'an Umbul, Lumajang, menerima kunjungan kerja dari Kementerian Agama Kabupaten Lumajang pada Rabu, 21 Agustus 2024. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka visitasi dengan tujuan untuk mengevaluasi kualitas pendidikan yang diberikan oleh pesantren, diantaranya pelaksanaan kurikulum, metode pengajaran, dan kualifikasi guru. Hal ini membantu memastikan bahwa pendidikan yang diberikan sesuai dengan standar yang ditetapkan

Pesantren yang diasuh oleh KH. Muhammad Ilyas, M.Pd.I, ini memiliki sejumlah program unggulan. Salah satunya adalah program Tahfizd cepat hatam 8 bulan yang memfokuskan santri pada menghafal Al-Qur'an dalam waktu singkat. Selain itu, ada juga program Al Miftah Lil ulum yang mengajarkan metode cepat membaca kitab kuning untuk memudahkan pemahaman terhadap ilmu agama. Pondok Pesantren Madinatul Qur'an juga memiliki program pendidikan lainnya, mulai dari TPQ, MADIN, dan SMPI Madinatul Qur'an.

Sejak berdiri pada tahun 2022, pesantren bisa dibilang produktif, terbukti sudah ada 45 santri mukmin yang berasal dari berbagai daerah, seperti Lumajang, Jember, Madura, Banten, hingga Lampung. Dengan biaya yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp225.000 per bulan, santri telah mendapatkan fasilitas asrama, makan dua kali sehari, serta bimbingan belajar dari para pengajar yang kompeten.

Kunjungan Kemenag ini diharapkan dapat semakin memotivasi Pondok Pesantren Madinatul Qur'an untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikan, pengelolaan, dan kesejahteraan santri sehingga pesantren dapat terus berperan sebagai lembaga pendidikan yang efektif dan berkualitas.


Penulis: Fachrudin Wachid

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Survei Visitasi Kemenag Lumajang di Pesantren Madinatul Qur'an Umbul

Trending Now