Sukses Membantu Ekonomi melalui Digitalisasi UMKM di Desa Sarirogo: Kelompok 04 KKN-T Bela Negara UPN “Veteran” Jatim

Admin JSN
25 Agustus 2024 | 05.02 WIB Last Updated 2024-08-25T09:32:49Z



Sukses Membantu Ekonomi melalui Digitalisasi UMKM di Desa Sarirogo: Kelompok 04 KKN-T Bela Negara UPN “Veteran” Jatim

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM: Digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di era modern. Dengan memanfaatkan teknologi digital, UMKM dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperluas pasar, dan meningkatkan daya saing. Melalui digitalisasi, UMKM mampu mengakses pasar yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada wilayah lokal tetapi juga dapat menjangkau konsumen di tingkat nasional dan internasional. Transformasi digital ini memungkinkan UMKM untuk memasarkan produk mereka melalui platform e-commerce, media sosial, dan situs web.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela negara Universitas Pembangunan Nasional "Veteran", Jawa Timur kelompok 04 Gelombang 2 di Desa Sarirogo, Sidoarjo melakukan pendataan hingga pembuatan UMKM mulai tanggal 9 Agustus 2024 sampai 12 Agustus 2024. Kegiatan ini meliputi survei lapangan, pendataan, hingga pembuatan akun sosial media.

Berdasarkan hasil survei lapangan terdapat 3 UMKM di Desa Sarirogo yang dituju. Banyak pelaku UMKM yang masih menggunakan media pemasaran secara konvensional daripada media pemasaran digital. Beberapa alasan diantaranya adalah pelaku UMKM merasa kesulitan untuk mengelola media pemasaran digital, kurangnya pemahaman tentang manfaat dan cara dari media pemasaran digital, serta pengelolaan pembayaran digital.

UMKM yang dituju yaitu mie gocelan, kedai mbak naning, dan maklor dan takoyaki mama akmal. Digitalisasi UMKM yang dilakukan meliputi pembuatan google maps, akun instagram, gopay merchant, dan E-katalog. Kegiatan digitalisasi UMKM mendapatkan sambutan positif dari para pelaku UMKM di Desa Sarirogo.

Ibu Wawied Dyah sangat menyambut hangat bantuan program kerja ini karena kurangnya awareness terhadap teknologi dan juga usahanya yang kecil kecilan membuat kurangnya kepedulian terhadap hal pemasaran online, terlebih lagi request desain yang diinginkan dengan kesukaannya berwarna pink sesuai dengan warna cat warungnya.

Melalui hal ini berharap kesadaran penggunaan digitalisasi di daerah semakin luas dan berkembang terutama UMKM di Desa Sarirogo.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sukses Membantu Ekonomi melalui Digitalisasi UMKM di Desa Sarirogo: Kelompok 04 KKN-T Bela Negara UPN “Veteran” Jatim

Trending Now