Produktivitas UKM Istana Jamur Balap Meningkat Berkat Bantuan Peralatan Modern dari Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya

Admin JSN
12 Agustus 2024 | 19.01 WIB Last Updated 2024-08-14T00:41:49Z

 

Steam sterilizer berkapasitas besar yang digunakan untuk menekan kontaminasi pada baglog di UKM Istana Jamur Balap, berkat bantuan dari Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM – Sebanyak lima mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), beserta Tim Dosen, di antaranya Arif Hidayat, STP, M.AIT, Ph.D, Vindhya Tri Widayanti, STP, MP, Riska Septifani, STP, MP, Nailah Firdausiyah, ST., MT., Ph. D, dan Novil Dedy Andriatmoko, SP., MP., M.BA, menjalankan program Doktor Mengabdi di UKM Istana Jamur Balap, Kec. Kalipare, Kab. Malang. Program ini berlangsung pada (6-25/7/2024).

Bapak Hartono selaku pemilik UKM Istana Jamur Balap yang berlokasi di Desa Tumpakrejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang menjelaskan bahwa baglog hasil produksinya mengalami kerusakan akibat kontaminasi mikroorganisme hingga diatas 30%. Hal ini terjadi sejak berdirinya UKM tersebut. Meski begitu, kerugian atas kontaminasi baglog tersebut sering ditutup oleh tingginya hasil jamur dari baglog yang diproduksi.

“Selama ini saya produksi baglog minimal kontaminasi itu sekitar 30%-an. Kontaminasi segitu itu sering dulu buat saya pusing kepala mikir muterin uang buat gaji pekerja. Untungnya, walaupun kontaminasi waktu itu 30%-an, hasil panen jamur dari baglog yang saya buat itu tinggi. Tapi, saya sempat pernah dirawat inap 4 hari di rumah sakit gara-gara baglog saya pernah kontaminasi 100%. Bukan kontaminasi 100%-nya yang saya pikir, tapi gimana saya muter uang buat gaji pekerja dan makan sehari-hari.” ungkapnya saat diwawancara oleh Tim DM UB 2024 mengenai kondisi sebelum Tim DM UB 2023 membantu pengadaan dalam peralatan modern. (27/06/2024).

Steam sterilizer kapasitas besar untuk menekan kontaminasi baglog

Analisis Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya (DM UB) tahun 2023 mengatakan bahwa, kemungkinan besar kontaminasi terjadi pada proses pembuatan bibit jamur F1 yang tidak dilakukan pada tempat steril dan tertutup serta sterilisasi media bibit jamur baik F1 dan F2 hanya menggunakan peralatan tradisional dengan suhu dan tekanan yang fluktuatif dan incontrolable. Maka dari itu, Tim DM UB 2023 membantu pengadaan peralatan modern berupa Laminar Air Flow (LAF) dan autoklaf dengan harapan kontaminasi baglog mengalami penurunan drastis.

Benar saja, setelah pengadaan peralatan modern tersebut, angka kontaminasi baglog berada dibawah 3%-an saat wawancara setahun setelahnya oleh Tim DM UB tahun 2024. “Alhamdulillah Pak, baglog saya kontam-nya dibawah 3% sekarang.” Ujar Pak Hartono. “Tapi, sekarang, masalahnya saya ndak bisa memenuhi kapasitas kumbung mitra saya, soalnya mitra saya tambah banyak tapi kapasitas produksi baglog saya terbatas, cuma 1400 per hari” Imbuhnya.

Untuk mengatasi masalah ini, Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya tahun 2024, membantu pengadaan peralatan tambahan berupa steam sterilizer dan boiler berbasis panas pembakaran kayu untuk meningkatkan produktivitas UKM Istana Jamur Balap. Peralatan ini diharapkan dapat menambah jumlah baglog yang dapat disterilisasi setiap harinya. kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas F2/ baglog melalui introduksi steam sterilizer baglog berkapasitas besar sehingga baglog lebih aseptis dan kontaminasi dapat ditekan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Produktivitas UKM Istana Jamur Balap Meningkat Berkat Bantuan Peralatan Modern dari Tim Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya

Trending Now