Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Umumkan Penerima Beasiswa Pendidikan Tinggi Tahun 2024

30 Agustus 2024 | 19.36 WIB Last Updated 2024-08-30T12:42:15Z



Pemkab Sidoarjo resmi mengumumkan 2.018 penerima beasiswa pendidikan tinggi tahun 2024. Dengan transparansi penuh, daftar penerima dapat diakses melalui website resmi. Beasiswa ini merupakan bentuk dukungan Pemkab untuk mendorong prestasi mahasiswa dan peningkatan IPM Sidoarjo yang tertinggi di Jawa Timur

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo secara resmi mengumumkan penerima beasiswa pendidikan tinggi tahun 2024. Pengumuman tersebut dilakukan pada Jumat (30/8) melalui laman website resmi Pemkab Sidoarjo, www.sidoarjokab.go.id. Dalam pengumuman tersebut, masyarakat dapat mengakses nama, alamat, serta jenis prestasi mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa secara rinci.

Plt Bupati Sidoarjo, Subandi, menyampaikan rasa syukur atas penetapan para penerima beasiswa ini. "Alhamdulillah telah ditetapkan para penerima beasiswa tahun 2024. Secara transparan, kami umumkan lengkap by name by address," ujar Subandi. Beasiswa ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap para mahasiswa berprestasi dan mereka yang membutuhkan dukungan pendidikan.

Sebanyak 2.018 mahasiswa dinyatakan layak mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi di tahun 2024. Dari jumlah tersebut, 791 mahasiswa adalah penerima beasiswa prestasi akademik dalam negeri, 15 orang penerima beasiswa akademik luar negeri, 209 mahasiswa menerima beasiswa prestasi di bidang non-akademik, 503 mahasiswa kurang mampu, dan 500 mahasiswa prestasi bidang keagamaan. Masing-masing penerima beasiswa akan mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 5 juta.

Subandi menjelaskan bahwa beasiswa pendidikan ini diberikan secara konsisten oleh Pemkab Sidoarjo dari tahun ke tahun, dengan target total 10 ribu beasiswa pendidikan tinggi hingga tahun 2026. “Beasiswa pendidikan ini secara konsisten diberikan Pemkab Sidoarjo dari tahun ke tahun. Sesuai target yang telah ditetapkan sebanyak 10 ribu beasiswa pendidikan tinggi yang akan direalisasikan hingga 2026,” tegasnya.

Pada tahun-tahun sebelumnya, beasiswa pendidikan tinggi ini telah diberikan kepada 1.854 mahasiswa di tahun 2022 dan 2.143 mahasiswa di tahun 2023. Selain membantu meringankan biaya pendidikan, program beasiswa ini juga berdampak positif terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sidoarjo. IPM Sidoarjo tahun 2021 tercatat mencapai angka 80,65 dan meningkat menjadi 81,88 pada tahun 2023, menjadikan Sidoarjo sebagai kabupaten dengan capaian IPM tertinggi di Provinsi Jawa Timur.

Salah satu penerima beasiswa tahun 2022, Anastasia Cyntia, yang merupakan alumni St. Petersburg State University, Rusia, menyampaikan bahwa beasiswa ini sangat membantu dalam menyelesaikan riset penelitiannya selama berkuliah di Rusia. "Beasiswa ini sangat baik dan harus diagendakan setiap tahun. Karena ini pertama kalinya Pemerintah Sidoarjo mengapresiasi mahasiswa berprestasi. Beasiswa ini membantu saya terutama dalam riset penelitian saya selama kuliah di Rusia," ungkapnya.

Sementara itu, Alfia Rohmah Safara, mahasiswa Teknik Informatika Unusida, yang merupakan penerima beasiswa bidang keagamaan tahun 2022, mengaku sangat antusias mengikuti program ini karena memiliki banyak kategori. "Selain meringankan kewajiban orang tua, jadi salah satu motivasi dan inspirasi untuk mahasiswa semakin semangat menjalani pendidikan tinggi. Terimakasih Pemkab Sidoarjo," katanya.

Tak hanya memberikan beasiswa untuk pendidikan tinggi, Pemkab Sidoarjo juga memberikan beasiswa kepada Hafidz dan Hafidzah jenjang SD/SMP sederajat. Pada tahun ini, beasiswa tersebut diberikan kepada 198 siswa. Sebelumnya, beasiswa ini juga telah diberikan kepada 397 siswa pada tahun 2022 dan 415 siswa pada tahun 2023.

Besaran beasiswa yang diberikan bervariasi, sesuai dengan jumlah hafalan Al-Qur'an yang dimiliki siswa. Siswa dengan hafalan Al-Qur'an 3-5 Juz menerima beasiswa sebesar Rp 300 ribu, untuk hafalan 6-10 Juz sebesar Rp 450 ribu, dan siswa dengan hafalan 11-30 Juz diberikan beasiswa sebesar Rp 750 ribu. Beasiswa ini merupakan salah satu upaya Pemkab Sidoarjo dalam mendorong prestasi siswa sekaligus memperkuat fondasi keagamaan di kalangan generasi muda.

Program beasiswa ini diharapkan terus berlanjut setiap tahunnya, sejalan dengan komitmen Pemkab Sidoarjo untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan masyarakatnya. Dengan demikian, diharapkan akan semakin banyak putra-putri daerah yang berprestasi dan turut serta membangun bangsa.

Pewarta: Zeera | Editor: SM

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Umumkan Penerima Beasiswa Pendidikan Tinggi Tahun 2024

Trending Now