Mantapkan Sinergitas Anggota, APPBIPA Jatim Gelar Workshop dan Rapat Program Kerja 2024—2028

Admin JSN
03 Agustus 2024 | 21.53 WIB Last Updated 2024-08-03T14:53:17Z
Jajaran Pengurus Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jawa Timur 2024 - 2028

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM - Asosiasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Jawa Timur menggelar workshop dan rapat program kerja, pada Sabtu (3/8/2024) di Aula Cut Nya’ Dien Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. Acara ini menandai awal momentum kiprah kepengurusan APPBIPA Jatim untuk kepengurusan 2024—2028. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB tersebut dihadiri oleh sebagian besar pengurus APPBIPA Jatim. Para anggota yang hadir berasal dari afiliasi dan institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan program BIPA di seluruh wilayah Jawa Timur. 

Rangkaian kegiatan pada hari itu terasa berkesan. Sebagai musyawarah perdana kepengurusan secara resmi tatap muka, acara ini menjadi ajang bagi para anggota untuk saling mengenal lebih dekat, baik antarbidang maupun antaranggota bidang. Acara dimulai dengan registrasi peserta, kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ibu Ary Setyorini selaku Kepala Subbagian Umum Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur sebagai perwakilan Kepala Balai. Dalam sambutannya, Ibu Ary Setyorini menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi APPBIPA yang telah berperan aktif dalam dunia BIPA sekaligus mitra utama Balai Bahasa dalam memajukan program BIPA di wilayah Jawa Timur. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi workshop pengajaran budaya Indonesia sebagai sarana Soft Diplomacy Luar Negeri dengan menghadirkan dua narusumber ahli dalam bidang pengajaran BIPA. Workshop ini terbagi menjadi dua sesi. Paparan materi sesi pertama disampaikan oleh Bapak Albard Khan dengan tema utama Keterwakilan Indonesia dalam Pengembangan Materi Pembelajaran BIPA. Sementara itu, paparan pada materi sesi kedua disampaikan oleh Bapak Prayitno Tri Laksono dengan inisasi tema Peluang Kerjasama Pendidikan bagi Praktisi BIPA: Berbagai Praktik Baik PPL Internasional Mahasiswa di Thailand. 

Setelah proses diskusi dan tanya jawab selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan rapat program kerja. Rapat ini bertujuan untuk menyusun rencana program kerja APPBIPA Jatim selama masa kepengurusan empat tahun ke depan. Dalam rapat tersebut, dibahas berbagai program kerja dan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pengajaran BIPA di Jawa Timur dengan pedoman utama AD/ART APPBIPA Jatim. Pada saat diskusi program kerja berlangsung, nampak antusiasme dari para anggota tiap bidang untuk memberikan yang terbaik serta bersinergi bersama demi peningkatan kompetensi dan profesionmalisme APPBIPA Jatim.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama dan mengunjungi kantor sekretariat APPBIPA Jatim di Balai Bahasa Jawa Timur. Kantor yang dibuka 24 jam ini siap memberikan warna baru bagi keberlanjutan organisasi ini. Suasana kebersamaan dan kolaborasi terasa begitu kuat. Para anggota pun pulang dengan membawa semangat baru dan komitmen bersama memajukan APPBIPA Jatim. Salam, BIPA di Hati. (SR)

Jajaran Pengurus menempati Sekretariat APPBIPA Jatim di Balai Bahasa Jawa Timur

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mantapkan Sinergitas Anggota, APPBIPA Jatim Gelar Workshop dan Rapat Program Kerja 2024—2028

Trending Now