Manfaatkan Limbah Sekam Padi di Desa Latsari Jombang, Mahasiswa KKN Kelompok 06 Gelombang 2 UPNVJT Membuat Bio Briket

Admin JSN
13 Agustus 2024 | 19.29 WIB Last Updated 2024-08-14T01:19:50Z

 

Mahasiswa Kelompok 6 Jombang UPN Veteran Jawa Timur tingkatkan kualitas desa sadar lingkungan melalui workshop Bio Briket

JOMBANG | JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Bela Negara dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur, Kelompok 06 Gelombang 2, menyelenggarakan workshop dengan tajuk “BioBriket” di Balai Desa Latsari, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas desa sadar lingkungan dengan memanfaatkan limbah sekam padi menjadi briket yang dapat digunakan sebagai alternatif bahan bakar ramah lingkungan.

Latar belakang program ini didasari oleh permasalahan limbah organik di Desa Latsari, terutama limbah pertanian seperti sekam padi, yang belum dimanfaatkan secara optimal. 

Briket yang dihasilkan dari sekam padi memiliki sejumlah keunggulan, antara lain berbahan baku dari biomassa terbarukan, efisiensi energi yang tinggi, emisi yang rendah, daya bakar yang tahan lama, dan biaya produksi yang relatif murah.

Acara yang berlangsung pada Selasa, 13 Agustus 2024, ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk kelompok tani, ibu-ibu PKK, dan perangkat desa Latsari. 

Kepala Desa Latsari, Bapak Muslikin, dalam sambutannya, menyampaikan harapannya agar kolaborasi antara mahasiswa KKN dan masyarakat desa dapat memberikan manfaat nyata. 

“Kami berharap agar para mahasiswa KKN bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak dan memetik pelajaran yang berharga dari pengalaman di desa Latsari sehingga bisa memberikan manfaat terbaik kepada elemen masyarakat desa,” ujar Bapak Muslikin.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan perkenalan dari mahasiswa KKN dan peserta workshop. Demonstrasi pembuatan BioBriket dipandu oleh perwakilan mahasiswa, di mana para peserta diajak terlibat langsung dalam proses pengumpulan bahan, pengolahan, hingga hasil akhir berupa BioBriket yang siap digunakan. Selama sesi demonstrasi, antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait proses pembuatan BioBriket.

Acara ditutup dengan sesi dokumentasi berupa foto bersama dan pembuatan konten media sosial. Melalui penyelenggaraan workshop ini, mahasiswa KKN UPN “Veteran” Jawa Timur berharap dapat memaksimalkan potensi yang ada di Desa Latsari, memberdayakan masyarakat, membuka peluang ekonomi baru, serta memperbaiki kualitas lingkungan dengan mengurangi limbah. Program ini sejalan dengan tujuan SDG’s Desa 12: Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan.

Penulis : Ikhsan Danu Nugroho dan Fitiara Ainur Rakhimah

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaatkan Limbah Sekam Padi di Desa Latsari Jombang, Mahasiswa KKN Kelompok 06 Gelombang 2 UPNVJT Membuat Bio Briket

Trending Now