Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Dukung Program Bank Sampah di RW 03 Manyar Sabrangan

Admin JSN
04 Agustus 2024 | 13.57 WIB Last Updated 2024-08-04T06:57:00Z

Mahasiswa KKNT UPN "Veteran" Jawa Timur berinisiatif memberikan tempat sampah di beberapa titik strategis di RW 03 Manyar Sabrangan

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM - Program pemilahan dan penjualan sampah di RW 03 Manyar Sabrangan mendapat dukungan penuh dari kelompok 12 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) UPN "Veteran" Jawa Timur, pada Minggu (4/8/2024). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga terhadap pengelolaan sampah sekaligus memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Bu Parman, ketua pengurus bank sampah RW 03 Manyar Sabrangan, menjelaskan bahwa semua sampah sebelum ditimbang dipilah terlebih dahulu. "Kita kelompokkan sesuai jenisnya, botol sendiri, bak, kardus, kresek dan lainnya dipisah supaya lebih mudah dalam menentukan harga dan juga agar harganya lebih tinggi," ungkapnya.

Uang hasil penjualan sampah ini nantinya akan masuk dalam kas masing-masing warga. "Setelah ditimbang dan ditentukan harganya, nantinya uang hasil penjualan sampah ini bisa masuk ke dalam kas masing-masing warga. Biasanya uang ini akan ditukarkan dengan barang seperti panci, minyak, rekreasi bersama dan sebagainya tergantung kesepakatan para nasabah," tambah Bu Parman.

Untuk mendukung program ini, kelompok 12 KKNT UPN "Veteran" Jawa Timur juga berinisiatif memberikan tempat sampah di beberapa titik strategis di RW 03 Manyar Sabrangan. Tempat sampah ini terdiri dari sampah organik dan sampah non-organik. Harapannya, dengan adanya fasilitas tersebut, warga semakin terbiasa membuang sampah pada tempatnya dan lebih mudah memilah sampah.

dua mahasiswa KKNT UPN "Veteran" Jawa Timur sedang mengangkat kantong besar berisi sampah, kemungkinan sedang mempersiapkan sampah untuk ditimbang atau dipilah

Ketua pengurus bank sampah RW 03 Manyar Sabrangan menyambut baik inisiatif ini dan berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut. "Kami sangat berterima kasih atas inisiatif dari adik-adik mahasiswa KKNT UPN "Veteran" Jawa Timur. Program ini sangat bermanfaat bagi kami dan kami akan terus mendukung upaya-upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk nyata kontribusi mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur dalam mendukung program-program masyarakat yang berfokus pada pelestarian lingkungan. Diharapkan, kolaborasi antara mahasiswa dan warga ini bisa terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekitar.


Penulis:

- Leily Suci Rahmatin

- Dwi Fadhilah Umami

- Rara Puspa Kirana

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Dukung Program Bank Sampah di RW 03 Manyar Sabrangan

Trending Now