Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 03 Desa Lebo Sidoarjo Berhasil Manfaatkan Bahan Alami dalam Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati Bersama PKK RW 05

Admin JSN
05 Agustus 2024 | 05.37 WIB Last Updated 2024-08-08T04:32:52Z
Penyerahan pestisida nabati dan tanaman toga

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Dalam upaya meningkatkan kesadaran lingkungan dan menciptakan keberlanjutan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur mengadakan sosialisasi pembuatan pestisida nabati kepada ibu-ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 05 Desa Lebo, Sidoarjo, pada Sabtu (27/7/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari skema KKNT Bela Negara kelompok 03 yang berfokus pada kepedulian terhadap lingkungan darat. Pemilihan kegiatan pembuatan pestisida nabati didasari oleh banyaknya warga yang menanam tumbuhan di halaman rumah mereka, sehingga diperlukan cara alami untuk melindungi tanaman dari hama.

Anggota PKK RW 05 mengeluhkan adanya serangan hama seperti kutu putih dan semut pada tanaman cabai mereka. “Tanaman cabai saya itu banyak semutnya, dan ada putih-putih kecil yang membuat daun keriting dan tidak bagus. Saya merasa itu karena semutnya,” ujar Sitanggang, salah satu anggota PKK.

Dalam sosialisasi tersebut, mahasiswa memperkenalkan cara pembuatan pestisida nabati menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan sering digunakan dalam kebutuhan rumah tangga, seperti bawang dan deterjen. Pestisida nabati ini memiliki manfaat membunuh hama dan mengeluarkan bau menyengat yang tidak disukai serangga.

“Kami menggunakan bawang karena mudah ditemukan dan mengandung senyawa allium sativum yang efektif menghilangkan hama tanaman. Tujuannya agar warga dapat mengurangi penggunaan pestisida kimia dan membuat pestisida nabati yang ramah lingkungan dan mudah dibuat,” jelas Alfa Dirsista, mahasiswa KKNT Bela Negara UPNVJT.

Selain sosialisasi, kegiatan ini juga melibatkan pembagian tanaman toga kepada anggota PKK RW 05. Diharapkan, penggunaan pestisida dari bahan alami ini dapat mengurangi penggunaan bahan kimia dalam pertumbuhan tanaman, sehingga lebih ramah lingkungan.

Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian program kerja Mahasiswa KKNT Bela Negara kelompok 03 UPN Veteran Jawa Timur. Program kerja lainnya akan dilaksanakan pada 4 Agustus mendatang dengan agenda pembuatan Microgreen bersama PKK RW 05 Desa Lebo.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 03 Desa Lebo Sidoarjo Berhasil Manfaatkan Bahan Alami dalam Sosialisasi Pembuatan Pestisida Nabati Bersama PKK RW 05

Trending Now