Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Jatim Gelar Workshop Pembuatan Pupuk Cair dari Limbah Domestik di Desa Balongwono, Mojokerto

Admin JSN
25 Agustus 2024 | 16.55 WIB Last Updated 2024-08-25T09:55:44Z

 

Mahasiswa KKNT Bela Negara Gelombang 2 UPN Jatim memberikan pelatihan praktis kepada warga Desa Balongwono, Mojokerto, tentang pembuatan pupuk cair dari limbah rumah tangga, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan dan kesadaran lingkungan

MOJOKERTO | JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara Gelombang 2 dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jawa Timur baru-baru ini mengadakan sebuah workshop inovatif di Desa Balongwono. Workshop ini berfokus pada pembuatan pupuk cair dari limbah rumah tangga, sebuah langkah untuk mengatasi permasalahan lingkungan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Acara yang diadakan pada tanggal 15 Agustus 2024 ini dihadiri oleh ibu-ibu rumah tangga. Workshop ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan praktis tentang cara memanfaatkan limbah rumah tangga, seperti sisa-sisa makanan dan bahan organik lainnya, menjadi pupuk cair yang berguna untuk keperluan kebersihan dan perawatan rumah.

Kegiatan ini dimulai dengan penjelasan teori mengenai pentingnya pengelolaan limbah dan manfaat pupuk cair. Kemudian, para peserta langsung terlibat dalam proses pembuatan pupur cair, mulai dari pengumpulan bahan, sampai pembuatan. Selama sesi praktikum, mahasiswa UPN JATIM memberikan bimbingan langsung untuk memastikan bahwa peserta memahami setiap langkah dengan baik.

“Dengan mengadakan workshop ini, kami berharap masyarakat Desa Balongwono dapat memanfaatkan limbah rumah tangga mereka dengan cara yang lebih produktif dan ramah lingkungan,” kata salah satu mahasiswa, Nurul Laily. “Kami juga ingin mengajarkan keterampilan baru yang dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari.”

Selain meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan limbah, workshop ini juga mempererat hubungan antara mahasiswa dan masyarakat desa. Kegiatan ini merupakan bagian dari program KKNT Bela Negara yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai inisiatif sosial dan lingkungan.

Kepala Desa Balongwono, Ibu Puji, menyambut baik kegiatan ini. “Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa UPN JATIM yang telah meluangkan waktu dan tenaga untuk membantu kami. Workshop ini sangat bermanfaat dan kami berharap akan ada lebih banyak program seperti ini di masa depan.”

Workshop pembuatan pupuk cair ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi Desa Balongwono dalam mengembangkan program-program berbasis lingkungan dan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN Jatim Gelar Workshop Pembuatan Pupuk Cair dari Limbah Domestik di Desa Balongwono, Mojokerto

Trending Now