Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Kelompok 11 Membantu Meningkatkan Promosi Para UMKMdiDesaKedung Peluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo

Admin JSN
05 Agustus 2024 | 16.01 WIB Last Updated 2024-08-05T09:01:25Z

Mahasiswa KKN UPN "Veteran" Jawa Timur membantu UMKM di Desa Kedungpeluk meningkatkan promosi produk dengan membuat desain banner, logo, dan E-katalog

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, kelompok 11, memberikan dukungan signifikan untuk beberapa UMKM di Desa Kedungpeluk, Kecamatan Candi. Melalui pembuatan desain banner, logo, dan E-katalog, mahasiswa membantu meningkatkan promosi produk-produk lokal. Minggu (04/08/2024)

Kegiatan yang bertempat di Desa Kedungpeluk ini melibatkan UMKM Jamu Mbah Mis, UMKM Bandeng Presto dan Otak-otak Mbak Lina, serta UMKM Kerupuk Ikan Bu Kayati. 

Banner dibuat untuk ketiga UMKM tersebut, sementara logo baru dirancang untuk UMKM Jamu Mbah Mis dan UMKM Kerupuk Ikan Bu Kayati. Pembuatan E-katalog difokuskan untuk UMKM Jamu Mbah Mis, sebagai upaya meningkatkan daya tarik produk di pasar digital.

Program ini merupakan bagian dari upaya kelompok 11 KKN UPN "Veteran" Jawa Timur dalam membantu UMKM lokal membuka peluang bisnis baru melalui perbaikan promosi produk. 

Tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga sekitar dengan memperkuat strategi pemasaran UMKM.

Pemilik UMKM yang terlibat menyambut baik inisiatif ini. Bu Lina, pemilik UMKM Bandeng Presto dan Otak-otak Bandeng, menyatakan, “Bagus mbak bannernya, terima kasih sudah dibantu dalam pembuatan banner-nya.” 

Sementara itu, Bu Kayati, pemilik UMKM Kerupuk Ikan, berharap agar banner dan logo baru dapat membantu produknya dikenal lebih luas, bukan hanya dari mulut ke mulut. 

“Banner dan logonya bagus mbak, terima kasih sudah dibuatkan banner dan logonya, harapan saya semoga kerupuk saya dapat dikenal oleh masyarakat luas bukan hanya mulut ke mulut,” katanya.

Mbah Mis, pemilik UMKM Jamu Tradisional, juga menyampaikan rasa terima kasihnya, “Sudah bagus semuanya, semoga dengan adanya banner, e-katalog, dan juga label pada jamu Mbah ini dapat meningkatkan kembali penjualan karena sempat menurun. Terima kasih sudah dibantu dalam pembuatan ini semua oleh mahasiswa KKN.”

Promosi UMKM dilakukan dengan memperhatikan jenis, manfaat, dan filosofi dari setiap produk. Mereka berharap bahwa inisiatif ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi perekonomian masyarakat Desa Kedungpeluk.

Penulis: Dewi Latifah dan April Dwi Anggraini

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Kelompok 11 Membantu Meningkatkan Promosi Para UMKMdiDesaKedung Peluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo

Trending Now