Mahasiswa KKN-T Bela Negara Kelompok 8 Gelombang 2 Berdayakan Siswa SD Kejagan Melalui Pembuatan Ovitrap

Admin JSN
26 Agustus 2024 | 14.28 WIB Last Updated 2024-08-26T07:28:27Z
Mahasiswa KKN mengadakan kegiatan menghias alat ovitrap di SD Kejagan

MOJOKERTO|JATIMSATUNEWS.COM – Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya penyakit akibat nyamuk, mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Kelompok 8 gelombang 2 UPN "Veteran" Jawa Timur yang sedang melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, menggelar kegiatan sosialisasi dan lomba pembuatan Ovitrap di SD Kejagan, Senin (12/08).

Kegiatan ini menyasar siswa kelas 5 dan 6 SD Kejagan dengan tujuan untuk menanamkan kebiasaan hidup bersih dan sehat sejak dini. Melalui sosialisasi yang interaktif, mahasiswa menjelaskan siklus hidup nyamuk dan bahaya penyakit yang ditimbulkannya. Selain itu, mereka juga memberikan tips-tips sederhana untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, salah satunya dengan membuat Ovitrap.
Untuk menguji pemahaman siswa, peserta diajak untuk langsung mempraktikkan pembuatan Ovitrap dan mengikuti lomba menghias Ovitrap. Lomba ini bertujuan untuk merangsang kreativitas siswa dalam membuat Ovitrap yang menarik dan fungsional. Antusiasme siswa sangat tinggi, terlihat dari berbagai desain Ovitrap yang unik dan menarik.

Kegiatan sosialisasi dan pembuatan Ovitrap yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di SD Kejagan tidak hanya sebatas pada pemberian pengetahuan. Lebih dari itu, kegiatan ini telah berhasil menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan di kalangan siswa. Hal ini terbukti dari antusiasme siswa dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, mulai dari mendengarkan penjelasan materi, praktek pembuatan Ovitrap, hingga mengikuti lomba menghias Ovitrap.
Mahasiswa KKN sedang menentukan pemenang lomba menghias ovitrap

Kegiatan sosialisasi dan pembuatan Ovitrap di SD Kejagan telah membuktikan bahwa mahasiswa KKN memiliki peran yang sangat penting dalam pemberdayaan masyarakat. Melalui kegiatan-kegiatan seperti ini, mahasiswa tidak hanya menyalurkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki, tetapi juga turut serta dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

Selain itu, kegiatan ini juga telah mempererat hubungan antara mahasiswa KKN dengan masyarakat Desa Kejagan, khususnya dengan para siswa dan guru SD Kejagan. Bapak Sri Upoyono selaku Kepala Sekolah SDN Kejagan juga menyampaikan rasa terima kasihnya serta berantusias untuk menyambut program kerja yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T Bela Negara kelompok 8 gelombang 2 UPN "Veteran" Jawa Timur di Desa Kejagan.
"Terima kasih saya sampaikan kepada adik-adik mahasiswa yang telah KKN di Desa Kejagan, saya sangat berterimakasih dan antusias untuk menyambut setiap progam kerja yang dilakukan oleh adik-adik KKN", ujarnya.

Interaksi yang terjalin selama kegiatan diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membangun kerjasama yang lebih baik dalam upaya mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat dan bebas dari penyakit akibat nyamuk.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN-T Bela Negara Kelompok 8 Gelombang 2 Berdayakan Siswa SD Kejagan Melalui Pembuatan Ovitrap

Trending Now