Mahasiswa KKN-T Bela Negara Kelompok 5 Gelombang 2 Gelar Acara Kelas Sehat di Kelurahan Gebang Putih: Pembuatan Hand Sanitizer dan Lomba Mewarnai

Admin JSN
22 Agustus 2024 | 12.16 WIB Last Updated 2024-08-22T05:16:43Z
Mahasiswa KKN mengadakan kegiatan workshop pembuatan hand sanitizer dan lomba mewarnai bersama anak-anak di Kelurahan Gebang Putih

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa KKN-T Bela Negara Kelompok 5 Gelombang 2 Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur mengadakan acara bertajuk "Kelas Sehat" di Kelurahan Gebang Putih yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan dan kreativitas anak-anak. Acara ini menampilkan dua kegiatan utama: workshop pembuatan hand sanitizer dan lomba mewarnai. Kelas sehat di RW 4 di laksanakan pada tanggal 14 Agustus 2024 dan kelas sehat di RW 3 dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2024.

Kegiatan pertama, pemaparan materi tentang cara menjaga kesehatan tubuh dan pentingnya kebersihan tangan yang dapat membantu mencegah penyebaran penyakit serta diajarkan mencuci tangan dengan benar yang di kemas dengan video lucu supaya lebih di ingat oleh anak-anak, dilanjutkan dengan workshop pembuatan hand sanitizer dengan tujuan menambah pengetahuan anak untuk peduli dengan kesehatan diri sendiri dan memberikan pemahaman praktis tentang cara membuat hand sanitizer yang efektif dan aman. Dalam sesi ini, anak-anak diajarkan oleh mahasiswa KKN-T dari prodi Teknik Kimia. Anak-anak mempelajari proses pembuatan hand sanitizer dari bahan-bahan seperti alkohol, gliserin, dan ekstrak jeruk nipis. Aktivitas ini dirancang agar siswa tidak hanya memahami teori di balik pentingnya kebersihan tetapi juga memperoleh keterampilan praktis yang bisa diterapkan sehari-hari.

Setelah sesi pembuatan hand sanitizer, acara berlanjut dengan lomba mewarnai bertema kesehatan. lomba ini diharapkan dapat memacu kreativitas anak-anak. Kriteria penilaian mencakup kreativitas, penggunaan warna, dan bagaimana gambar yang diwarnai.

Acara ini dihadiri oleh warga dan anak-anak. Ketua RW 3, Sunari, mengungkapkan, “Sangat senang melihat antusiasme anak-anak dalam mengikuti acara ini. Melalui kegiatan seperti ini, kami berharap anak-anak tidak hanya belajar tentang pentingnya kebersihan tetapi juga dapat mengembangkan kreativitas mereka. Kami percaya, pendidikan kesehatan yang menyenangkan akan lebih mudah diingat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Bapak Heri, Ketua RW 3 menambahkan "Saya sangat bangga dengan antusiasme warga. Kegiatan seperti ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan dalam menjaga kesehatan, apalagi bagi anak-anak agar mereka lebih peduli akan Kesehatan diri sendiri."

Saat lomba mewarnai berakhir, para juri dengan teliti memilih pemenang berdasarkan kreativitas. Momen pengumuman pemenang menjadi puncak kegembiraan, dengan tepuk tangan dan teriakan semangat memenuhi ruangan. "Senang sekali bisa menang, aku akan simpan hadiah ini baik-baik," ungkap Nova, pemenang pertama, yang tampak tak kuasa menahan senyum lebarnya ketika namanya dipanggil.

Sebagai penutup, panitia membagikan hasil hand sanitizer yang sudah di kemas rapi kepada semua peserta dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba mewarnai. Selain itu, para peserta di berikan cemilan dan produk hand sanitizer yang telah dibuat sebelumnya. Melalui acara ini, mahasiswa KKN-T Bela Negara kelompok 5 gelombang 2 berharap dapat memupuk kesadaran kesehatan yang lebih baik di kalangan anak-anak serta menciptakan pengalaman belajar yang bermanfaat dan menyenangkan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN-T Bela Negara Kelompok 5 Gelombang 2 Gelar Acara Kelas Sehat di Kelurahan Gebang Putih: Pembuatan Hand Sanitizer dan Lomba Mewarnai

Trending Now