Mahasiswa KKN Kelompok 9 UPN Veteran Jawa Timur Lakukan Pendampingan Digital Marketing pada UMKM Desa Gelam

Admin JSN
06 Agustus 2024 | 14.27 WIB Last Updated 2024-08-06T07:27:43Z
Mahasiswa KKN bantu kembangkan sektor UMKM di Desa Gelam agar lebih modern dan inovatif dengan pelatihan digital marketing 

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian baik di tingkat lokal maupun nasional. Namun, keberlanjutan dan pertumbuhannya memerlukan dukungan inovasi dan pengembangan. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPN “Veteran” Jawa Timur kelompok 9 mengambil inisiatif untuk mendampingi UMKM di Desa Gelam, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo dalam bidang digital marketing pada Rabu (31/07/2024).

Kegiatan pendampingan ini merupakan lanjutan dari pelatihan digital marketing yang telah dilakukan sehari sebelumnya, dipandu oleh Augustin Mustika Chairil, S.I.Kom., M.A., Dosen Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Jawa Timur. Tujuan utama dari pendampingan ini adalah meningkatkan brand awareness produk-produk UMKM serta mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) No. 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Sebanyak sembilan UMKM terlibat dalam program ini, dan mahasiswa KKN kelompok 9 dibagi menjadi lima tim yang masing-masing mendampingi satu hingga dua UMKM. Bentuk pendampingan yang diberikan meliputi pembuatan video promosi, desain logo, pembuatan tagline atau slogan, dan berbagai strategi pemasaran digital lainnya.

Berikut adalah sembilan UMKM yang mendapatkan pendampingan:
1. Minuman Segar Bu Jumaani: Menjual jamu dan bunga telang.
2. Zona Rasa: Menyediakan snack box bakery dan nasi kotak dengan beragam lauk.
3. Warkop Askha: Menawarkan warung kopi dan jus buah.
4. Finiza Baking: Menjual aneka kue kering, kue basah, dan kue ulang tahun.
5. Boncengan Motor Bapak Yulianto.
6. See Jeni: Menjual es lilin dan es sereh jeruk nipis.
7. Belmel Cake Cookies: Menjual kue kering.
8. Dapoer Vena: Menyediakan berbagai jenis kue.
9. Jamu Kuning: Menjual berbagai macam jamu tradisional.

Untuk memaksimalkan promosi, mahasiswa KKN kelompok 9 juga membuat akun Instagram @umkm_desagelam sebagai media promosi yang berisi informasi seputar UMKM Desa Gelam, sehingga calon pembeli dapat lebih mudah mengakses informasi dan produk yang ditawarkan.

Dengan pendampingan ini, diharapkan UMKM Desa Gelam dapat meningkatkan keterampilan dan pengelolaan bisnis secara lebih efektif, serta memperluas akses pasar mereka. Mahasiswa KKN kelompok 9 berharap kegiatan ini dapat mendorong kemajuan ekonomi Desa Gelam melalui pengembangan sektor UMKM yang lebih modern dan inovatif.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKN Kelompok 9 UPN Veteran Jawa Timur Lakukan Pendampingan Digital Marketing pada UMKM Desa Gelam

Trending Now