Mahasiswa Kelompok 5 Gelombang 2 KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Dampingi Pembuatan NIB

Admin JSN
11 Agustus 2024 | 10.46 WIB Last Updated 2024-08-11T03:46:02Z
Mahasiswa KKN mendampingi pembuatan NIB baru terhadap UMKM 

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa Kelompok 5 Gelombang 2 KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur Melaksanakan Program Kerja terkait pendampingan door to door pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) di Kelurahan Gebang Putih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya.

Kegiatan Door to door yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur ini berkolaborasi dengan Kader Surabaya Hebat (KSH) dari kelurahan Gebang Putih yang sedang melakukan survei jentik nyamuk. Sehingga, terlaksana kegiatan pendampingan pembuatan NIB secara door to door di RW 04 Kelurahan Gebang Putih.

Sejauh ini, kelurahan Gebang Putih sudah mendata banyak dari UMKM sekitar untuk didaftarkan ke dalam NIB. Namun, pesan dari kelurahan kepada Mahasiswa KKNT Bela Negara UPN “Veteran” Jawa Timur adalah perlunya pembaharuan data dari data lama yang dimiliki oleh Kelurahan Gebang Putih serta implementasi NIB baru terhadap UMKM-UMKM yang muncul sejak data terakhir.

Di Kelurahan Gebang Putih terdapat banyak UMKM, diantaranya meliputi aneka wisata kuliner seperti bandeng, kerupuk, nasi paket, pentol, risol, dan sebagainya yang perlu diperbarui datanya maupun didaftarkan izin usahanya agar dapat meningkatkan daya jual masyarakat serta memudahkan untuk mendapatkan izin-izin yang lainnya seperti QRIS, Pin GMaps, dan sertifikasi halal.

Berdasarkan pengajuan legalitas terkait usaha UMKM yang ada di OSS, hasil dari pengajuan tersebut dicetak dan diserahkan kepada UMKM-UMKM yang telah didaftarkan oleh para mahasiswa yang membantu mendampingi. Sehingga, dengan terlaksananya program kerja ini pemerintah dapat dengan mudah memberikan program-program yang sesuai dan tepat sasaran sesuai kebutuhan.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Kelompok 5 Gelombang 2 KKNT Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur Dampingi Pembuatan NIB

Trending Now