Lesbumi NU Pasuruan Gelar Lomba Kaligrafi dan Puisi, Tingkatkan Minat dan Bakat di Kabupaten Pasuruan

Admin JSN
31 Agustus 2024 | 07.26 WIB Last Updated 2024-08-31T04:35:48Z
Kegiatan lomba kaligrafi kontemporer dan baca tulis puisi berlangsung meriah


PASURUAN|JATIMSATUNEWS.COM: Kegiatan Lesbumi Kabupaten Pasuruan tahun ini, ada dua lomba yang akan di laksanakan secara bersamaan, yaitu lomba kaligrafi kontemporer atau lomba bernuansa lukisan dan lomba baca tulis puisi. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mengidentifikasi peminatan generasi muda masyakat Kabupaten Pasuruan, dengan tema "Semarak Kemerdekaan dengan Menggali Potensi Para Pemuda - Pemudi Kabupaten Pasuruan".

Kegiatan lomba tahun ini dihadiri oleh para peserta lomba se pasuruan raya, bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Ma'arif Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, dan Cabang Bangil serta RMI Kabupaten Pasuruan. Selain itu, turut hadir beberapa sekolah negeri baik SMP, SMK dan pondok pesantren di Kabupaten Pasuruan.

Untuk dewan juri yang akan menilai perlombaan antara lain Pak Asep, musisi Kota Pasuruan dari bidang baca tulis puisi, dan Kiai Syamsul dari bidang kaligrafi kontemporer beserta asistennya. Kemudian, penyerahan hadiah lomba untuk para pemenang akan diserahkan oleh Sekretaris PCNU Kabupaten Pasuruan yakni Gus Saiful Anam Khalim M.Pd. sehingga menambah semangat bagi para panitia atas terlaksananya kegiatan tersebut dengan meriah dan suskes. Tak mau ketinggalan, rekan-rekanita IPNU IPPNU Kecamatan Gondang Wetan, Laziznu Kabupaten Pasuruan serta support dari Bapak Abdul Qodir S.Pd. selaku bapak kepala desa kalirejo turut memeriahkan dan antusias dalam menyukseskan kegiatan lomba tersebut.

Kegiatan Lomba kaligrafi kontemporer dan baca tulis puisi ini dilaksanakan pada Jum'at (30/8/2024) mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 16.30 sore yang diakhiri dengan pengumuman bagi para pemenang. Adapun setiap lomba terdapat 6 juara, juraa 1-3 dan juara harapan 1-3, dengan hadiah berupa uang pembinaan, tropi, dan piagam penghargaan. Hasil lomba kaligrafi kontemporer dengan nilai tertinggi di raih oleh SMPN 2 Rembang, sedangkan nilai tertinggi untuk lomba baca tulis puisi diraih oleh salah satu alumni yang pernah belajar d Madrasah Aliyah Miftahul Ulum yang sekarang menlanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Kegiatan lomba ini dilatarbelakangi dengan adanya impian besar untuk meningkatkan bakat dan minat di bidang keahlian kaligrafi dan puisi di Kabupaten Pasuruan. Dengan mengadakan lomba ini, diharapkan potensi para peserta dapat tergali secara maksimal, sekaligus menjadi tolok ukur kemampuan mereka dalam kedua bidang tersebut.

Kegiatan lomba yang dilaksanakan oleh PC Lesbumi NU Kabupaten Pasuruan ini, menurut penjelasan Nasich Soleh, berlangsung di Pondok Pesantren Queen Hidayatullah, Dusun Tampung, Desa Kalirejo, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan.

Hal-hal menarik dalam lomba yang di selenggarakan PC Lesbumi NU Kabupaten Pasuruan tersebut, menurut Ketua PC Lesbumi NU Kabupaten Pasuruan, KH. Yazid Tamim yakni persiapan yang sangat minim dengan waktu kisaran 15 hari. Namun banyak peserta yang mengikuti lomba sehingga mencapai 75 pendaftar, bahkan skitar puluhan anak dari luar kota yang mau mendaftarkan diri. 

Dengan teriring doa, semoga kegiatan ini dapat kita agendakan secara rutin dan bisa ke jenjang yg lebih tinggi. Amin

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lesbumi NU Pasuruan Gelar Lomba Kaligrafi dan Puisi, Tingkatkan Minat dan Bakat di Kabupaten Pasuruan

Trending Now