Dorong Produksi Pertanian, Dispertan KP Sampang Distribusikan Puluhan Alsintan

Admin JSN
13 Agustus 2024 | 18.09 WIB Last Updated 2024-08-13T11:31:19Z
Caption: Nordin, Kabid Sarana Pertanian Disperta KP, saat pendistribusian Handtraktor di halaman Dispertan Sampang.
SAMPANG | JATIMSATUNEWS.COM - Untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Sampang, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pertanian dan Pangan menyalurkan bantuan alat mesin pertanian berupa hand traktor kepada kelompok tani di wilayah tersebut.

Dispertan KP Sampang menyerahkan alsinta sebanyak 27 handtraktor dan 5 Kultivator roda dua. Dana bantuan tersebut bersumber dari DBHCHT melalui Dinas Pertanian, kepada perwakilan kelompok tani di Kabupaten Sampang. Tujuan bantuan traktor ini tentunya untuk membantu mempercepat pengolahan tanah para petani agar tidak tertinggal masa tanam.

Caption: Ir Suyono Kadis Dispertan KP Sampang sosialisasi dan pendistribusian Alsinta

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Sampang, Ir. Suyono, MS.i mengucapkan selamat kepada 32 kelompok tani di Kabupaten Sampang yang telah menerima bantuan hand traktor tersebut dalam tahun anggaran 2024.

Pihaknya juga menyatakan harapannya agar alat-alat tersebut dapat digunakan secara optimal sesuai dengan kebutuhan pertanian di masing-masing kelompok. 

"Kami berharap hand traktor yang diperoleh oleh kelompok tani bisa digunakan dengan baik dan tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten Sampang," ungkap Suyono saat sosialisasi pendistribusian di Aula Dispeta KP, Selasa 13/8/2024

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya penggunaan hand traktor untuk kepentingan anggota kelompok tani dan masyarakat sekitar. Ia juga mengingatkan agar alat ini tidak disewakan atau dijual kepada pihak lain, baik di dalam maupun di luar desa. 

"Hand traktor ini harus digunakan oleh anggota kelompok tani dan masyarakat sekitarnya. Diharapkan tidak ada penyalahgunaan seperti disewakan kepihak lain, apalagi dijual, jadi sewa/dipekerjakan utamakan anggota kelompok terlebih dahulu" tegasnya.

Sebelumnya, Nordin, Kabid Sarana Pertanian Disperta KP, menyampaikan pesan serupa. Ia menambahkan bahwa pihak dinas akan terus memantau penggunaan alat-alat pertanian yang telah diberikan agar sesuai dengan tujuan awalnya, yakni mendukung keberhasilan pertanian di Kabupaten Sampang.

Dengan adanya bantuan hand traktor ini, diharapkan para petani di Sampang semakin termotivasi untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, sekaligus menjaga amanah yang telah diberikan oleh pemerintah daerah.


Pewarta: Fach 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dorong Produksi Pertanian, Dispertan KP Sampang Distribusikan Puluhan Alsintan

Trending Now