Dokter Klinik Hidayatullah Temukan Penderita Gerd saat Pengobatan Gratis di Purwodadi, Begini Sarannya

Anis Hidayatie
12 Agustus 2024 | 05.43 WIB Last Updated 2024-08-11T22:55:35Z

 Penderita Gerd saat Pengobatan Gratis di Purwodadi, Begini Tips Mengatasinya 

PASURUAN| JATIMSATUNEWS.COM: Klinik Hidayatullah Malang tidak pernah berhenti melayani masyarakat terutama daerah Jawa Timur dan sekitarnya. Kali ini, layanan pengobatan gratis diadakan di Apotek Purwodadi Farma yang berlokasi di jln Nongkojajar kecamatan Purwodadi (11/08/24)

Dalam program rutin road show  memberi pelayanan kesehatan gratis ini, dokter menemukan pasien yang menderita penyakit Gerd. 

Menurut dokter Fikri,  Gerd adalah kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan hingga menyebabkan nyeri. Biasanya pasien akan merasakan engap, sesak napas, jantung berdebar dan panas pada bagian dada sampai tembus ke punggung. Penyebab utamanya adalah pola makan yang tidak sehat.

Pasien perempuan yang masih berusia 40 tahun itu bercerita kalau Gerd yang dialami terpicu ketika sedang merasa tertekan atau stress. Apabila keadaan emosi stabil, keadaannya baik-baik saja. 

"Pokoknya kalau cemas dada panas," tutur perempuan itu.

Sebuah tips diberikan selain obat.

"Yang pertama jaga emosi agar tetap stabil, jangan mudah terpengaruh kabar atau omongan yang memicu emosi, jaga pola makan, tetap olah raga dan teruslah bahagia," ujar Dokter Fikri memberi tips pada pasiennya.

Tim klinik Hidayatullah yang terdiri dari satu dokter yakni Dokter Fikri, dua perawat Herlin dan Andi, satu apoteker sekaligus Owner Etik  memeriksa puluhan penduduk sekitar apotek yang datang. Kebanyakan pasiennya adalah lansia dan rata-rata terkena hipertensi serta Diabetes.

Dokter Fikri menghimbau kepada para pasien agar melakukan gaya hidup sehat, mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh dan rajin berolahraga. 

"Sehat itu berawal dari pikiran, pengaruhnya 70 persen. Sesudah itu makanan dan olahraga," tutur Dokter Fikri dalam wawancara dengan media, Minggu 11/8/2024.

Acara dimulai pukul 09.00 berakhir pukul 11.30. Owner Apotek Nur Cahyo menyampaikan kebahagiaan didatangi tim pengobatan Gratis. 

"Alhamdulillah bisa ikut berbagi sehat dengan masyarakat. Terimakasih tim dokter klinik Hidayatullah Dau Malang," ujarnya mengantar Tim mengakhiri kegiatan.

Tim dokter dan owner Cahyo (kaos hitam)


Satu kata dari tim Hidayatullah disampaikan yakni Jaga Sehat Masyarakat Indonesia. (Novie Purwanti)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dokter Klinik Hidayatullah Temukan Penderita Gerd saat Pengobatan Gratis di Purwodadi, Begini Sarannya

Trending Now