Batik Mojangi Mendunia: Mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jawa Timur Dorong Digitalisasi UMKM Lokal

Admin JSN
15 Agustus 2024 | 13.05 WIB Last Updated 2024-08-15T06:06:15Z
Kegiatan digitalisasi UMKM Batik Mojangi oleh Mahasiswa KKN di Dusun Mojowangi

JOMBANG|JATIMSATUNEWS.COM - Batik Mojangi, sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) batik tulis di Dusun Mojowangi, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, siap melangkah menuju panggung yang lebih luas berkat bantuan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata
(KKN) Tematik Bela Negara dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur. Berbekal semangat dan inovasi, mahasiswa KKN-T dari Kelompok 2 Gelombang 2 ini membawa sentuhan digitalisasi untuk memperkuat daya saing UMKM yang dimiliki oleh Ibu Yayuk, (14/8).

Batik Mojangi, yang selama ini dikenal di kalangan terbatas melalui penjualan dari mulut ke mulut atau dikenal sebagai Word Of Mouth (WOM), kini bersiap untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Mahasiswa KKN-T melakukan survei menyeluruh terhadap kebutuhan usaha ini dan menemukan bahwa pengelolaan manajemen dan pemasaran yang lebih modern dapat menjadi kunci keberhasilan.

Dalam waktu yang relatif singkat, tim KKN-T berhasil menciptakan berbagai inovasi yang berfokus pada pemasaran digital. Salah satu langkah awal yang dilakukan adalah membuatkan akun Instagram dan Shopee untuk Batik Mojangi, lengkap dengan konten visual yang menarik. Mereka juga mengambil foto produk dengan profesionalisme tinggi, menciptakan tampilan produk yang memukau dan siap dipromosikan di media sosial. Tidak hanya itu, akun Instagram
Batik Mojangi dilengkapi dengan Linktree yang menghubungkan langsung calon pembeli ke berbagai platform, termasuk kontak Ibu Yayuk dan toko online di Shopee.

Selain digitalisasi, mahasiswa KKN-T juga memperhatikan aspek visibilitas fisik dari UMKM ini. Mereka memasang plang petunjuk arah dan banner yang jelas dan menarik, serta membuat listing Google Maps untuk Batik Mojangi. Kini, lokasi UMKM ini dapat ditemukan dengan mudah oleh siapa saja yang ingin berkunjung, menambah potensi kunjungan langsung ke tempat produksi.
Penyerahan Banner dan Plang Petunjuk Batik Mojangi

Inisiatif ini tidak hanya memberikan dampak langsung bagi penjualan Batik Mojangi, tetapi juga menambah wawasan Ibu Yayuk dalam mengelola usaha dengan lebih modern dan terintegrasi. Dengan dukungan teknologi dan pemasaran digital, Batik Mojangi kini siap bersaing di pasar yang lebih luas, bahkan hingga tingkat nasional dan internasional.

Langkah strategis ini diharapkan tidak hanya meningkatkan ekonomi keluarga Ibu Yayuk, tetapi juga menjadi inspirasi bagi UMKM lain di Desa Mojowangi untuk mengikuti jejak serupa, memanfaatkan teknologi untuk memperluas pasar dan mengembangkan usaha. Mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jatim telah membuktikan bahwa dengan kreativitas dan kepedulian, sebuah UMKM lokal bisa melangkah menuju kesuksesan yang lebih besar.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Batik Mojangi Mendunia: Mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jawa Timur Dorong Digitalisasi UMKM Lokal

Trending Now