Program Kreatif Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Gelombang 1 UPN Veteran Jawa Timur yang dilakukan di SDN Sidoklumpuk, Sidoarjo

Admin JSN
28 Juli 2024 | 17.39 WIB Last Updated 2024-07-28T10:39:38Z

 

Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara UPN Veteran Jawa Timur berkolaborasi dengan siswa SDN Sidoklumpuk, Sidoarjo, untuk menciptakan pot gantung dari botol bekas, dalam upaya menanamkan kesadaran lingkungan sejak dini

SIDOARJO | JATIMSATUNEWS.COM - Program Kreatif Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Gelombang 1 UPN Veteran Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan inspiratif di SDN Sidoklumpuk, Sidoarjo, pada Sabtu, 27 Juli 2024.

Inisiatif ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran lingkungan pada masyarakat, terutama anak-anak, dengan memanfaatkan botol bekas sebagai pot gantung tanaman. 

Program ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memperindah lingkungan sekolah, mendukung tujuan SDGs poin 4 (Quality Education) dan poin 11 (Sustainable Cities and Communities).

Para mahasiswa KKN bekerja sama dengan siswa SDN Sidoklumpuk untuk menciptakan pot gantung dari botol bekas. Prosesnya melibatkan mencuci botol plastik, memotongnya, dan membuat lubang untuk tali gantungan serta drainase. 

Selanjutnya, botol-botol tersebut diisi dengan tanah dan bibit tanaman hias, yang kemudian digantung di sekitar taman sekolah.

Hasil dari kegiatan ini adalah lingkungan SDN Sidoklumpuk yang kini dihiasi dengan berbagai pot gantung tanaman. Selain mempercantik area sekolah, inisiatif ini juga membantu mengurangi penimbunan sampah botol plastik. 

Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur berhasil menunjukkan bahwa dengan kreativitas dan kolaborasi, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan asri.

Dengan adanya inisiatif seperti ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mampu mengubah limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat. 

Peserta KKN Tematik Bela Negara Gelombang 1 UPN Veteran Jawa Timur telah membuktikan bahwa kreativitas dan kebersamaan dapat menghasilkan perubahan positif bagi lingkungan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Program Kreatif Mahasiswa KKN Tematik Bela Negara Gelombang 1 UPN Veteran Jawa Timur yang dilakukan di SDN Sidoklumpuk, Sidoarjo

Trending Now