Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Masih Gratis, Program Ecom Pronojiwo Dibimbing Pemateri Kampung Inggris Sudah Dimulai

Admin JSN
06 Juli 2024 | 07.27 WIB Last Updated 2024-07-06T00:27:10Z


LUMAJANG | JATIMSATUNEWS.COM: Meningkatnya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia, khususnya Desa Pronojiwo, membuat beberapa pihak turut memperhatikan hal-hal yang sebaiknya mulai dikuasai oleh masyarakat setempat. Salah satunya adalah wujud kepedulian dari pusat kegiatan belajar masyarakat Desa Pronojiwo, yaitu PKBM Prose Sportif yang diketuai oleh Muhammad Ali. 
Mulai merencanakan program sejak bulan Juni. Program belajar yang direncanakan sejak dua bulan yang lalu ini akhirnya dibuka pada hari Jumat, 5 Juli 2024, dengan diawali sambutan oleh Murdiono, kepala desa Pronojiwo. 

Masih menyajikan program belajar gratis dimulai tanggal 5 - 15 di bulan Juli 2024. Puluhan peserta dari pelajar kelas 4 sekolah dasar - kalangan ibu rumah tangga turut bergabung di dalam program ini. Acara yang didedikasikan untuk membuat masyarakat lebih mampu menawarkan dan melayani jasa atau barang kepada wisatawan asing ini, berjalan cukup reaktif dengan tanya jawab antara peserta dan Dedy yang merupakan tutor dari Kampung Inggris, Pare Kediri. 

Bekerja sama dengan Riverside Languange Center Pare Kediri, program yang diberi nama Ecom atau English Cummunity Development menawarkan tiga kelas. Yaitu english super camp program yang ditujukan untuk menarik minat anak-anak terhadap Bahasa Inggris. Kemudian quarantine program yaitu kegiatan belajar bahasa Inggris dalam jangka waktu satu pekan lamanya, dimana apabila ada peserta dari luar kota akan dicarikan penginapan di daerah Pronojiwo. Lalu english for tourism yang masa belajarnya selama satu bulan. 

Diupayakan untuk perkembangan masyarakat, kursus bahasa Inggris yang berkantor di Dusun Mulyoarjo, Desa Pronojiwo, Kabupaten Lumajang ini memberikan beberapa kemudahan untuk peminatnya. Hal ini dijelaskan oleh Hidayatullah ketua pelaksana Ecom yang dinaungi oleh PKBM Prose Sportif. Pada pukul 17.56 WIB menggunakan fitur pesan suara aplikasi Whats App kepada tim redaksi jatimsatunews.com di waktu yang masih sama dengan hari pertama dibukanya program ini. 

“Ada free konsultasi termasuk free placement test. Placement test itu termasuk semacam mengukur kita ini kalau mau ambil program kira-kira masuk yang mana ya? Itu ada konsultasi gratis. Kemudian juga ada terkait biaya, kalau programnya satu bulan segini, ini bisa nggak di breakdown ke satu minggu, dua minggu fleksibel juga, akhirnya biayanya juga fleksibel. Kemudian juga fleksibel dalam hal jam belajar. Jadi kalau bisanya pagi siang, boleh, misalnya siang sore, sore malam itu juga bisa memilih.”

Tidak sekadar berhenti dengan memberikan pilihan waktu, program, beserta biaya yang fleksibel. Kursus yang dikelola sebagai keberlanjutan PKBM Prose Sportif dalam menjalankan pendidikan kesetaraan ini menghadirkan secara langsung tutor atau pemateri langsung dari Pare Kediri. Seakan berangkat dari kesanggupan tutor-tutor Riverside yang juga siap ketika dikirim ke mana pun sewaktu-waktu. Dan juga prestasi lembaga kursus asal Pare, Kediri yang pernah mendirikan kampung inggris di NTT serta Sumatera. Lembaga ini siap untuk mengarahkan peserta didik mendapatkan kompetensi yang diinginkan. Seperti ketika ada kebutuhan-kebutuhan tentang pengetahuan bahasa Inggris yang sifatnya itu lebih mendalam, dan lebih profesional. 

Pewarta: Hendrini Esvi Wastiti
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Masih Gratis, Program Ecom Pronojiwo Dibimbing Pemateri Kampung Inggris Sudah Dimulai

Trending Now