Manfaatkan Minyak Jelantah, Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur Adakan Workshop Pembuatan Lilin Aromaterapi di Desa Kejagan

Admin JSN
29 Juli 2024 | 15.54 WIB Last Updated 2024-07-29T08:54:15Z

 

Kegiatan workshop pembuatan lilin aromaterapi oleh Mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur di Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto

MOJOKERTO | JATIMSATUNEWS.COM - Mahasiswa KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur dari Kelompok 8 Gelombang 1 telah melaksanakan workshop pembuatan lilin aromaterapi pada Senin, 29 Juli 2024, di Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Workshop yang berlangsung di Balai Desa Kejagan ini dihadiri oleh sekitar 20 ibu-ibu PKK setempat.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Tim Lilin KKN-T Kelompok 8 Gelombang 1 dengan tujuan memberdayakan perempuan di Desa Kejagan. Diharapkan, setelah workshop, ibu-ibu PKK dapat berwirausaha dan meningkatkan peran serta mereka dalam mendukung perekonomian desa. Workshop ini juga merupakan upaya meningkatkan skor SDG's (Sustainable Development Goals) Desa Kejagan pada poin 5, yaitu Keterlibatan Perempuan Desa.

Workshop diawali dengan penjelasan mengenai pengertian dan dampak negatif pembuangan limbah minyak jelantah sembarangan. Tim KKN-T kemudian memaparkan cara pengelolaan limbah minyak jelantah dengan mengolahnya menjadi lilin aromaterapi. Mahasiswa KKN-T juga memberikan demonstrasi pembuatan lilin aromaterapi dengan melibatkan partisipasi langsung dari ibu-ibu PKK.

Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan lilin aromaterapi meliputi minyak jelantah, parafin, essence oil (pewangi), pewarna, gelas cetak, dan sumbu. Alat-alat yang digunakan antara lain panci, saringan, timbangan, sendok, kompor, spatula, dan gelas cetak. 

Berikut adalah langkah-langkah pembuatan lilin aromaterapi dari minyak jelantah:

1. Saring minyak jelantah dingin ke dalam panci bekas.

2. Siapkan parafin yang telah dihaluskan untuk mempercepat proses pelelehannya.

3. Panaskan minyak jelantah dalam panci hingga mencapai suhu didih.

4. Masukkan parafin ke dalam panci berisi minyak jelantah panas, lalu aduk hingga parafin meleleh dan tercampur secara merata.

5. Matikan kompor.

6. Tambahkan pewarna sesuai selera untuk memberikan warna, serta essence oil (pewangi) sesuai selera untuk memberi aroma pada lilin.

7. Tuangkan cairan lilin aromaterapi ke dalam gelas cetak yang telah diberi sumbu.

8. Lilin aromaterapi akan mengeras dan siap digunakan setelah satu jam proses penuangan.

Workshop ini mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Ibu Reni Pratiwi, anggota PKK dan peserta workshop, menyatakan, "Alhamdulillah untuk kegiatan hari ini sangat membantu sekali. Insyaallah, hasil dari workshop akan dijadikan inovasi untuk tim penggerak PKK Desa Kejagan. Terima kasih telah memberikan ilmu baru, mudah-mudahan mendapatkan manfaat fii dunya wal akhirah."

Ibu Sri Winarni, peserta workshop lainnya, menambahkan, "Dengan adanya workshop ini, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada mas-mas dan mbak-mbak KKN karena telah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat. Setelah ini kami akan membuat sendiri lilin aromaterapi dari minyak jelantah. Terima kasih banyak."

Penulis: Anisa Mamba’ul Fitri, Tim Lilin KKN-T UPNVJT Desa Kejagan

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaatkan Minyak Jelantah, Mahasiswa KKN-T UPN “Veteran” Jawa Timur Adakan Workshop Pembuatan Lilin Aromaterapi di Desa Kejagan

Trending Now