Mahasiswa KKNT Bela Negara UPNVJT Adakan Sosialisasi Pembuatan Dan Perawatan Tanaman Hidroponik Di Desa Kedung Peluk, Sidoarjo

Admin JSN
31 Juli 2024 | 11.57 WIB Last Updated 2024-07-31T05:28:37Z

Kegiatan Sosialisasi Pembuatan dan Perawatan Tanaman Hidroponik di Desa Kedung Peluk

SIDOARJO|JATIMSATUNEWS.COM – Kelompok 11 Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara dari Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur (UPNVJT) menggelar sosialisasi tentang pembuatan dan perawatan tanaman hidroponik di Desa Kedung Peluk, pada Selasa (30/7/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Kader Umi Kulsum beserta anggota kader lainnya.

Acara ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa yang bertujuan memberikan pengetahuan inovatif di bidang pertanian, khususnya hidroponik. Sosialisasi ini diadakan sebagai tanggapan terhadap masalah pembangunan berkelanjutan di bidang lingkungan yang dihadapi oleh Desa Kedung Peluk.

Menurut Umi Kulsum, Ketua Kader, kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberikan dampak positif bagi masyarakat desa, terutama para kader. "Saya mendapatkan pengetahuan baru tentang pH air sebagai nutrisi tanaman. Sebelumnya, saya hanya menanam dan menyiram tanpa mengetahui pentingnya pH," ujarnya.

Sosialisasi dimulai dengan pembukaan, diikuti dengan penyampaian materi, praktik pembuatan hidroponik, sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan penutup. Materi yang disampaikan mencakup pengertian hidroponik, manfaatnya, cara perawatan, serta alat dan bahan yang dibutuhkan.

Ibu Dewi Mariana, salah satu anggota kader, menyatakan, "Kegiatan ini memberikan pengetahuan baru bagi saya. Saya belajar bahwa menanam tidak harus di tanah, tapi bisa juga di air. Saya juga baru tahu cara mengusir hama dengan air bawang merah dan air cabai."

Umi Kulsum berharap, "Pelatihan hidroponik ini dapat dikembangkan lebih lanjut oleh masyarakat. Jika semua orang menanam, bisa mengurangi pengeluaran dan bahkan menambah penghasilan jika hasil panen dijual."

Penulis: Nuraleina Putri Asyari dan Aninda Maghfiratun Navila



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa KKNT Bela Negara UPNVJT Adakan Sosialisasi Pembuatan Dan Perawatan Tanaman Hidroponik Di Desa Kedung Peluk, Sidoarjo

Trending Now