Kelompok KKN 200 Universitas Jember Gelar Penyuluhan Ide dan Inovasi Produk di Desa Mlandingan Kulon

Eko Rudianto
29 Juli 2024 | 11.07 WIB Last Updated 2024-07-29T04:07:41Z


SITUBONDO | JATIMSATUNEWS.COM : Mahasiswa KKN kelompok 200 Universitas Jember telah melaksanakan kegiatan penyuluhan dengan tajuk "Ide dan Inovasi Produk dalam Berwirausaha". Kegiatan ini dilaksanakan pada 27 Juli 2024 di balai Desa Mlandingan Kulon.

Penyuluhan bisnis yang diadakan kelompok KKN 200 ini menjadi salah satu implementasi program kerja yang sebelumnya telah diperkenalkan kepada masyarakat. Setidaknya terdapat 20 masyarakat dan pelaku UMKM Desa Mlandingan Kulon yang turut menghadiri kegiatan ini.

"Harapannya, kegiatan ini dapat membantu mengembangkan usaha masyarakat Desa Mlandingan Kulon." Ujar Rizal selaku koordinator desa melalui sambutan yang diberikan. 

Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN 200 Universitas Jember membagikan pengetahuan yang dimiliki terkait UMKM, ide dan inovasi produk, dan juga contoh dari UMKM yang telah sukses mengembangkan ide dan inovasi produk. Materi ide dan inovasi produk disampaikan langsung oleh tiga mahasiswa KKN 200, yaitu Rama, Lazufa, dan Cahya. 

Dalam materi yang diberikan, Rama menyampaikan adanya potensi besar yang dimiliki Desa Mlandingan Kulon yang dapat dijadikan ide dan dikembangkan melalui inovasi produk. Selain itu, potensi desa dan inovasi produk dapat dikembangkan untuk menciptakan produk khas Desa Mlandingan Kulon. 

Antusiasme masyarakat dalam kegiatan ini cukup besar yang diperlihatkan sejak awal hingga akhir kegiatan. Setidaknya terdapat 3 peserta penyuluhan yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Mahasiswa KKN 200 juga memberikan hadiah kepada para penanya sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme yang diberikan.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan sesi foto bersama kelompok KKN 200 Universitas Jember dengan masyarakat dan pelaku UMKM yang turut menghadiri kegiatan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kelompok KKN 200 Universitas Jember Gelar Penyuluhan Ide dan Inovasi Produk di Desa Mlandingan Kulon

Trending Now