Gus Mujib Calon Bupati Pasuruan Sampaikan Poin-Poin Penting Inti Gerakan Pramuka dalam Musyawarah Ranting di SDN Plinggisan 1 Kraton

Admin JSN
10 Juli 2024 | 10.50 WIB Last Updated 2024-07-10T03:50:41Z
 

Gus Mujib menyampaikan bahwa keaktifan guru dalam gerakan pramuka adalah sesuatu yang luar biasa dan perlu diteladani

PASURUAN|JATIMSATUNEWS.COM – SDN Plinggisan Kraton melaksanakan Musyawarah Ranting Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Kraton, pada Rabu (10/7/2024). Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini dihadiri oleh sekitar 80 peserta. Kegiatan diawali dengan arak-arakan drumband dan pengalungan bunga sebagai tanda penghormatan.

Dalam sambutannya, Gus Mujib menyampaikan beberapa poin penting yang menjadi inti dari gerakan pramuka. Ia mengapresiasi penampilan tari dan gamelan dari siswa-siswi SDN Plinggisan yang memeriahkan acara tersebut. Menurutnya, keaktifan guru dalam gerakan pramuka adalah sesuatu yang luar biasa dan perlu diteladani.

Gus Mujib menekankan pentingnya pengembangan potensi diri anak didik, baik dari segi religiusitas, sosial, dan lainnya. "Dengan banyaknya latihan di pramuka, itu adalah bentuk aplikasi dari pendidikan karakter," ujarnya. Ia menambahkan bahwa membangun karakter bangsa adalah tugas mulia dan luar biasa yang harus dilakukan oleh semua guru dan pendidik.

Dalam pidatonya, Gus Mujib juga mengingatkan bahwa tugas utama guru dan pramuka adalah mendidik dan mengajar. Ia menekankan pentingnya sinergitas antara guru dan pramuka dalam membangun karakter bangsa. "Kita semua ini satu keluarga dalam naungan pramuka," katanya.

Beliau juga menceritakan pengalamannya saat mendaftar lewat PKB yang dihadiri oleh masyayikh, habaib, dan tokoh sekitar 300 orang di kediamannya. Selain itu, Gus Mujib berbagi cerita tentang masa jabatannya sebagai anggota DPD RI dan Wakil Bupati, di mana ia tetap bisa mengaji dan membersamai santri.

Ketika menjabat sebagai Wakil Bupati, Gus Mujib tidak pernah tidur di rumah dinas, namun ia memfasilitasi masyayikh dari luar Pasuruan untuk transit dan istirahat di rumah dinas tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa pembangunan Graha Pramuka adalah salah satu usahanya untuk memajukan pramuka di Pasuruan.

Gus Mujib mengajak semua peserta untuk mendukung kreativitas anak didik dan memberikan apresiasi. Ia juga menekankan bahwa pemimpin harus peka dan beradaptasi terhadap lingkungan. Menurutnya, guru tidak hanya bermanfaat di dalam kelas, tetapi juga dibutuhkan oleh masyarakat.

"Cukup tiket masuk surga dengan menjadi guru melalui pintu al jihad," ujarnya. Ia menambahkan bahwa ikut pramuka bisa menjadi jalan menuju surga dengan membangun karakter bangsa dengan jiwa yang ikhlas dan tulus.

Musyawarah Ranting (Musran) bukan hanya sekadar memilih ketua, tetapi juga menjadi ajang untuk mengadu gagasan dan program. Gus Mujib menegaskan bahwa prioritasnya adalah memajukan pendidikan formal dan non-formal di Kabupaten Pasuruan. Di akhir pidato, Gus Mujib secara resmi membuka Musyawarah Ranting Kwartir Ranting Kraton.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gus Mujib Calon Bupati Pasuruan Sampaikan Poin-Poin Penting Inti Gerakan Pramuka dalam Musyawarah Ranting di SDN Plinggisan 1 Kraton

Trending Now