Dukung UMKM, Kelompok 8 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur Adakan Workshop Terkait Kolaborasi Teknologi AI dengan Aplikasi Canva

Admin JSN
30 Juli 2024 | 12.47 WIB Last Updated 2024-07-30T05:47:18Z

Mahasiswa KKNT Kelompok 8 mengadakan workshop untuk memberdayakan UMKM di Kelurahan Dukuh

SURABAYA|JATIMSATUNEWS.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Bela Negara dari UPN "Veteran" Jawa Timur mengadakan workshop untuk mendukung UMKM di Kelurahan Dukuh Sutorejo, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya. Kegiatan yang berlangsung pada Kamis, (25/7/2024), ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM serta membantu pemilik usaha yang masih kesulitan mengikuti perkembangan teknologi informasi.

Workshop bertajuk “Kolaborasi Teknologi AI Dengan Aplikasi Canva Sebagai Sarana Pemasaran Produk UMKM” ini diinisiasi oleh kelompok 08 KKNT Dukuh Sutorejo. Acara tersebut dimulai dengan sambutan dari penanggung jawab, diikuti dengan sesi utama, dan diakhiri dengan doa penutup.

Workshop UMKM merupakan kegiatan pelatihan yang diberikan kepada pemilik usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dalam pelaksanaannya, UMKM menerapkan asas kebersamaan, ekonomi yang demokratis, kemandirian, keseimbangan kemajuan, berkelanjutan, efisiensi keadilan, serta kesatuan ekonomi nasional. Kegiatan workshop ini mengambil tema terkait memanfaatkan teknologi informasi dalam membantu memajukan UMKM di Kelurahan Dukuh Sukorejo. Tujuan diadakannya workshop ini merupakan untuk menambah wawasan serta memberikan informasi baru terutama bagi warga pemilik UMKM yang masih mengalami kesulitan pada kemajuan teknologi.

Selama dua jam, mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, pemilik UMKM dari RW 3, 4, 6, dan 7 Kelurahan Dukuh Sutorejo mengikuti workshop dengan antusias. Ini adalah pertama kalinya pelatihan seperti ini diadakan secara luring di wilayah tersebut. Salah satu peserta, Bu Henny, menyatakan, “Dulu pernah ada pelatihan seperti ini tapi online, itupun juga bukan tentang Canva dan AI begini.”

Mahasiswa KKN yang berpengalaman dalam teknologi informasi mengajarkan penggunaan Canva dan teknologi AI untuk pengembangan produk, branding, dan lainnya. Peserta belajar cara memanfaatkan website pebblely.com untuk menghasilkan foto produk yang lebih menarik, karena praktis, gratis, dan hasilnya berkualitas tinggi. Selain itu, peserta juga diajarkan cara mengoperasikan Canva, yang dikenal mudah dipahami dan mampu menghasilkan desain menarik.

Workshop ini memberikan dampak positif bagi pemilik UMKM. Bu Martha, salah satu peserta, mengatakan, “Saya sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. Biasanya kegiatan seperti ini harus bayar sampai Rp 150.000, sedangkan di acara kali ini tidak dipungut biaya sepeserpun.” Antusiasme peserta semakin meningkat karena mahasiswa KKN memberikan hadiah bagi kelompok yang paling aktif.

Secara keseluruhan, workshop ini berhasil mencapai target untuk memperluas pengetahuan dan kemampuan pemilik UMKM. Mereka kini dapat mengembangkan usaha dengan lebih efisien, meningkatkan daya saing, dan meraih kesuksesan lebih tinggi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung UMKM, Kelompok 8 KKNT UPN “Veteran” Jawa Timur Adakan Workshop Terkait Kolaborasi Teknologi AI dengan Aplikasi Canva

Trending Now