Destinasi Wisata Dataran Tinggi Dieng yang Menarik Wisatawan

Admin JSN
24 Juli 2024 | 04.44 WIB Last Updated 2024-07-23T21:44:52Z
Destinasi Wisata Dataran Tingiggi Dieng yang Menarik. Foto Jatimsatunews/Sri RD

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM - Dataran tinggi Dieng atau Plato Dieng berada di dua kabupaten di Jawa Tengah, yakni Wonosobo dan Banjarnegara. Berada di ketinggian 2090 mdpl, wilayah Dieng sangat sejuk dan memiliki pemandangan yang luar biasa.

Ada banyak destinasi wisata di Kawasan Dieng yang dapat dikunjungi wisatawan. Destinasi tersebut seperti Telaga Warna, Batu Ratapan Angin, Bukit Sekunir, Kawah Sikidang Candi Arjuna, Swiss Van Java dan lain-lain.

1. Telaga Warna
Destinasi Telaga Warrna berada di Dieng Etan atau Timur, Wonosobo. Untuk menuju tempat wisata tersebut, wisatawan bisa mengambil arah ke kiri dari titik nol Dieng, Tidak lebih dari 10 menit pintu masuk menuju Telaga Warna akan tampak.
Tiket masuk wisata ini Rp22.000 per orang tanpa batas waktu. Akan tetapi dilarang membawa makanan, karena di dalam area ada banyak warung jajanan.

Di area Telaga Warna pengunjung  bisa menikmati indahnya telaga yang berwarna hijau dengan pepohonan yang rapi. Konon pada musim tertentu air telaga bisa berubah warna menjadi biru, merah, makanya disebut Telaga Warna. 

2. Batu Pandang Ratapan Angin
Dari Talaga Warna, pengunjung dapat melanjutkan ke wisata terdekat lainnya yakni Batu Pandang Ratapan Angin. Di sini dapat menonton theater dengan buat janji terlebih dahulu dengan pengelola. Jika tidak ingin menyaksikan theater, wisatawan bisa naik ke puncak bukit untuk menikmati keindahan Talaga Warna dari ketinggian. 

Tidak terlaku jauh untuk sampai di ketinggian, dengan jalan kaki sekitar 300 meter rasa lelah terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan. Tiket masuk menuju Ratapan Angin cukup terjangkau, yakni Rp15 rb per orang. 

Lelah setelah mengunjungi dua  destinasi? Waktunya santap menyantap di warung yang ada di parkir Batu Pandang Ratapan Angin. Soto ayam khas Dieng yang gurih, kentang goreng, tempe, tahu goreng. Jangan ketinggalan coba juga teh, kopi yang memiliki aroma berbeda.  
Kawah Sikidang, Dieng,  Foto Sri RD

3.  Kawah Sikidang
Setelah melepas lelah, jangan kendor, masih banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi, salah satunya Kawah Sikidang. Untuk menuju ke sana sekitar 3 Km dari Ratapan Angin. Akan tetapi masuk melalui pintu belakang. Tidak perlu khawatir mesti lewat belakang ada tempat parkir, pos penjaga tiket. 

Jika lewat pintu depan, dari Ratapan Angin pengunjung harus kembali ke titik nol Dieng dan mengambil arah ke Banjarmegara. 
Destinasi wisata Kawah Dieng sangat menarik, pengunjung bisa melihat aktivitas kawah dari dekat. 

4.  Bukit Sekunir
Destinasi wisata menarik lainnya di Dieng Wonosobo yakni Bukit Sekunir. Berada di ketinggian 2.300 mdpl, bukit ini pastinya menyajikan keindahan alam yang luar biasa. Wisatawan bisa melihat matahari terbit. Jika cuaca lebih cerah bisa melihat tujuh gunung, Gunung Merbabu, Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Merapi dan Gunung Lawu, Gunung Sumbing.

Untuk bisa menangkap panorama di Bukit Sekunir, pengunjung masuk melalui Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar. Desa ini merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Oleh karena villa kami agak jauh kurang lebih 15 km, pukul 03.00 harus sudah berangkat.

Dari tempat parkir, pengunjung melanjutkan perjalanan ke pintu masuk Sekunir dengan ojeg atau jalan kaki kurang lebih 2 Km.
Sampai di pintu utama harus jalan melewati rumah dan kios oleh-oleh sekitar 800 meter. Setelah itu lanjut naik ke Bukit Sekunir. 

Jalan menuju bukit sudah dibuat tangga dengan bahan batu belah. Semua wisatawan bisa melewatinya tanpa rintangan yang sulit, tetapi harus hati-hati karena licin. Untuk pinggir tebing ada pagar yang bisa digunakan sebagai pegangan. 

Setelah berjalan kurang lebih satu jam akan tiba di pos dua, Tempat istirahat ini dilengkapi dengan toilet, tempat wudu juga musala yang dapat menampung 50 jemaah. Berjalan lima belas menit lagi, pengunjung tiba di puncak Sekunir dan menikmati gold sunrise.

Selain destinasi wisata tersebut di atas tentunya masih banyak lagi. Pengunjung bisa menikmati semua wisata Dieng dengan kendaraan pribadi atau reserpasi jeep wisata. Dengan jeep, wisatawan akan mendapat fasilitas petunjuk arah dan diantar ke berbagai tempat wisata. 
Selamat berlibur (SRI RD)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Destinasi Wisata Dataran Tinggi Dieng yang Menarik Wisatawan

Trending Now