Tabur Bunga dan Kisah Malang Lautan Api, SATMENWA 836/MP Peringati Hari Lahir Bareng HUT Mahasurya ke-60

Anis Hidayatie
03 Juni 2024 | 08.23 WIB Last Updated 2024-06-03T01:25:15Z
 SATMENWA 836/MP Universitas Islam Malang Gelar Giat Upacara Tabur Bunga Memperingati Hari Lahir Pancasila dan HUT MAHASURYA ke-60 

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Satuan Resimen Mahasiswa 836 Macan Putih Universitas Islam Malang adakan upacara tabur bunga memperingati hari kesaktian pancasila dan HUT Resimen Mahasiswa Mahasurya yang ke-60 pada tanggal Sabtu, 1 Juni 2024 Kegiatan ini dihadiri oleh Tamu Undangan IARMI, Alumni, beserta para anggota lainnya yang dipandu oleh pemandu TRIP 3 orang untuk upacara dan giat tabur bunga di lokasi tersebut. 

 Disela-sela selesai upacara, kami semua diceritakan kisah sejarah dari monumen TRIP ini. Pasukan TRIP berasal dari BKR alias Barisan Keamanan Rakyat. Selain barisan tentara formal, dibentuk pula sebuah pasukan pelajar bernama BKR Pelajar.

 Pasukan yang mewadahi pemuda usia 13-18 tahun ini dibentuk secara resmi tanggal 22 September 1945. Terjadi pada tanggal 31 Juli 1947 di Jl. Salak, Malang. pasukan TRIP hanya bersenjata seadanya gugur sepanjang Jalan Salak, kini dikenal sebagai Jalan Pahlawan TRIP, ada 35 pasukan gugur dan sembilan orang ditawan. 
 Monumen dengan wujud dua patung pelajar memanggul senjata turut didirikan untuk mengenang kegigihan mereka melawan penjajah. 

Pada waktu itu peristiwa ini lebih disebut dengan "Malang Lautan Api" karena waktu itu posisi malang sangat strategis. Mereka dulu berusaha bertahan. Mereka terkepung dan membawa senjata seadanya. Bapak suton ketua, bpk subianto pura pura mati dan menjadi satu satunya saksi mata, melihat rekan rekan yang di landas dengan tank amtrack. 
 "Saya perwakilan dari Paguyuban MAS TRIP mengucapkan terimakasih untuk Menwa UNISMA, yang selalu rutin setiap tahunnya untuk mengadakan upacara dan tabur bunga yang tepat pada tanggal 1 Juni 2024, semoga nantinya tetap berjalan untuk kegiatan seperti ini" ucap Retno Warnani selaku Pemandu Kegiatan Upacara dan Tabur Bunga. 

 "Kami SatMenwa 836/MP Unisma mengucapkan terimakasih kepada Paguyuban MAS TRIP yang selalu memandu untuk melancarkan kegiatan sakral seperti ini, semoga nantinya adik adik kami dapat meneruskan tradisi ini" Ujar Ferisca Berlian Juliyanti selaku Komandan Satuan Resimen Mahasiswa 836/Macan Putih Universitas Islam Malang. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tabur Bunga dan Kisah Malang Lautan Api, SATMENWA 836/MP Peringati Hari Lahir Bareng HUT Mahasurya ke-60

Trending Now