Sukses Digelar Gladian Panji Relawan TERRA Malang, Libatkan 23 Organisasi Pegiat Kebencanaan dan 10 Universitas

Eko Rudianto
03 Juni 2024 | 14.36 WIB Last Updated 2024-06-03T15:13:16Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Anak Perusahaan BUMN Telekomunikasi Indonesia yaitu telkomsel menggelar Gladian Panji Relawan untuk 23 organisasi relawan yang ada di Malang Raya dan melibatkan 10 Universitas Se-Malang, kegiatan ini diberinama relawan TERRA. TERRA sendiri merupakan akronim dari Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity. 

Kegiatan peningkatan kapasitas relawan ini merupakan program Corporate Social Responsibility atau Program CSR oleh PT. Telekomunikasi Indonesia. Dilaksanakan pada 31-2 Juni 2024  di Graha Cemara, Palawi Coban Rondo Malang yang buka pada Jum'at (31/5/24). 

Diawali dengan apel pembukaan dan penyerahan simbolis alat kebencanaan, serta pengarahan yang dibuka langsung oleh GM Network dan Productivity Eko Prasetyo, Eko dalam sambutannya mengampaikan terimakasih atas partisipasi relawan dan berharap relawan nantinya bisa menjadi mitra telkomsel dalam merespon bencana.

"Terimakasih bagi semua, baik mitra maupun relawan. Semoga menjadi ujung tombak atasnama telkomsel saat merespon terjadi bencana" ujar Eko. 

Selain itu, apel menghadirkan BASARNAS yang diwakili oleh Penata Kelola Pencarian dan Pertolongan Ahli Madya Hari Adi Purnomo, S.H , BPDB Kabupaten Malang yang diwakili oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Zainudin, S.H, PMI Kabupaten Malang, yang diwakili Plt. Kepala Seksi Pelayanan PMI Kabupaten Malang Amirul Yasin, Manager CSR Telkomsel Gumilar Henda Nugraha Ali, Polsek Pujon,  serta Danramil Pujon. 

Program TERRA ini diketahui tengah berjalan 13 tahun, artinya merupakan kali ke-13 kegiatan ini dilaksanakan. Untuk tahun ini dilaksanakan di dua kota besar antara lain Malang dan Makasar. Setelah sesi apel pembukaan kemudian dilanjutkan talkshow kebencanaan.

Beragam materi yang disampaikan dalam kegiatan ini, diantaranya Teori Dasar kebencanaan, Penanganan gigitan ular dan Sengatan, BASIC LIFE SUPPORT beserta simulasinya, Optimaslisasi Teknologi dan Digital dalam penanganan bencana melalui aplikasi TERRA, Jurnalistik dan Pelaporan Bencana, serta materi dan praktik Layanan Dukungan Psikososial.

Anggota Forum Pengurangan Risiko Bencana Provinsi Jawa Timur (FPRB JATIM) Dwi Arie Suyanto hadir pada kegiatan Gladian Panji Relawan TERRA Telkomsel serta menjadi ketua Relawan TERRA untuk Wilayah Jawa Timur. Selain itu, Anggota Pengurus Bidang Publikasi dan Kampanye Forum Pengurangan Risiko Bencana Jawa Timur (FPRB JATIM) Eko Rudianto, menjabat sebagai wakilnya. 

Keanggotaan Forum Relawan TERRA Telkomsel ini akan ditindaklanjuti dalam upaya mitigasi, respon darurat serta pasca bencana. Darmanto, Ketua Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Provinsi Jawa Barat (FKP3D Jabar) berharap dari Forum ini akan ada tindaklanjut utamanya dalam pembentukan FKP3D Jawa Timur. 

"Selamat atas kepengurusan relawan TERRA untuk wilayah jawa timur, setelah ini bisa segera berdiskusi terkait struktur kepengurusan. Setelah itu, kita akan bersama-sama menghadap Basarnas Surabaya terkait legalitasnya untuk FKP3D Jatim" Tegas Darmanto

Wahyudi Putra, Penata Kelola Pencarian dan Pertolongan Ahli Muda, Direktorat Operasj BASARNAS, mengatakan bahwa kehadirian FKP3D Jatim, ini akan sangat penting sebagai mitra strategis BASARNAS dalam upaya penanggulangan bencana, hal ini tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan. 

"Kehadiran Organisasi Potensi SAR atau FKP3D Jatim, kedepannya akan sangat penting bagi upaya penanggulangan bencana di Jawa Timur sebagai mitra strategis kami, dan itu diatur dalam Peraturan Kepala BASARNAS Nomor 14 Tahun 2017, termasuk kita harus melakukan pembinaan berupa peningkatan kapasitas dan sertifikasi" ujarnya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sukses Digelar Gladian Panji Relawan TERRA Malang, Libatkan 23 Organisasi Pegiat Kebencanaan dan 10 Universitas

Trending Now