SPARTA SMP Ar-Rohmah Putra, Merenda Kata Mengguncang Dunia

Admin JSN
12 Juni 2024 | 16.40 WIB Last Updated 2024-06-12T09:40:35Z

Para santri dan ustadz SMP Ar Rohmah Putra dengan penuh semangat menunjukkan karya literasi mereka

DAU
| JATIMSATUNEWS.COM - Tema yang menggelora "Merenda Kata Mengguncang Dunia" bergema di gedung aula SMP Ar Rohmah Boarding School saat peluncuran buku antologi cerpen dan puisi karya santri dan ustadz, Rabu (12/6/2024). Acara ini menandai momen penting bagi sekolah dalam memperkuat budaya literasi di kalangan siswa dan guru.

Peluncuran buku ini menampilkan karya-karya dari santri kelas 9 Revolus Generation dalam bentuk antologi cerpen dan antologi puisi bertajuk "Pesona Takjil" serta "Ramadhan Explore Reportase". Setiap kelas menghasilkan satu buku antologi cerpen yang merupakan kumpulan karya dari masing-masing siswa, dengan setiap siswa menyumbangkan satu cerpen setelah melalui proses editing.

Kegiatan menulis telah menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi para santri kelas 9 di Ar Rohmah. Kebahagiaan terlihat jelas di wajah mereka saat karya mereka dibukukan dan dapat mereka pegang. Muhammad Ahyan Rizky, siswa kelas 9 Four C, menyatakan, "Program ini sangat bermanfaat karena kami bisa menampilkan karya. Di luar sana belum tentu ada yang bisa seperti kami. Siswa SMP Ar Rohmah Putra sudah bisa berkarya, tentunya akan menginspirasi banyak orang."

Selain karya santri, para ustadz juga turut berpartisipasi dengan meluncurkan antologi puisi berjudul "Pesona Takjil." Antologi ini memadukan tema makanan dan literasi, menunjukkan kreativitas yang luar biasa dari para pengajar.

Ketua panitia, Rosidi Hadi Siswanto, mengatakan bahwa kegiatan ini meningkatkan semangat literasi di sekolah. "Kegiatan ini membuat semangat guru dan siswa untuk menjadikan literasi di sekolah meningkat," ujarnya. Waka Kurikulum, Ust. Zacky, menambahkan, "Dengan adanya karya ini, guru juga bisa memberikan contoh riil kepada siswa agar mereka tahu bahwa tidak hanya siswa yang membuat karya namun guru pun juga turut berkarya."

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Muhandis dari kelas 9 D'Clever, diikuti oleh sambutan dan pembukaan acara oleh Kepala Sekolah, Ustadz Syarif Hidayatullah, M.Pd.I. Dalam pidatonya, beliau menyatakan kebanggaannya terhadap siswa kelas 9 yang mampu menghasilkan karya yang baik, serta para guru yang membuktikan diri sebagai teladan dengan meluncurkan dua buku sekaligus tahun ini. "Semoga semangat literasi terus berkembang dan maju di sekolah kita," pesan beliau di akhir pidatonya.

Acara ini juga menampilkan pembacaan puisi oleh Ust. Afif Prima dan Berhat Qomar dari kelas 8 Ellitra, yang mendapatkan sambutan meriah dari audiens. Kegiatan dilanjutkan dengan Praktik Tiktok dari Harvest Way, serta presentasi dari perwakilan santri dari enam kelas.

Revolus Review & Launching diakhiri dengan presentasi dari penulis kenamaan, Ibu Anis Hidayati, seorang aktivis menulis dan pimred Jatimsatunews, serta Bapak Andik Yuliyanto, dosen Universitas Negeri Surabaya dan ahli forensik bahasa di Indonesia.

Acara ini mengajak semua pihak untuk mulai menulis karena menulis bisa dimulai kapan saja dan di mana saja.

Salam Literasi!

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SPARTA SMP Ar-Rohmah Putra, Merenda Kata Mengguncang Dunia

Trending Now