Sehat Bugar, Armuzna Lancar

Admin JSN
01 Juni 2024 | 19.28 WIB Last Updated 2024-06-01T12:28:21Z


MAKKAH | JATIMSATUNEWS.COM:

Sabtu pagi, 01/06/2024, jama'ah haji kloter 26 dan 27 kabupaten Malang mendapatkan pengarahan dari Nakes (Tenaga Kesehatan) Petugas Haji. Bertempat di Mushola Hotel Safwat diikuti mayoritas anggota jama'ah 2 kloter. Acara diawali dengan saling pijat diantara jama'ah. 

Dalam kesempatan ini, Dokter Irma mengingatkan bahwa kegiatan ibadah di Armuzna (Arofah, Muzdalifah, Mina) kurang 2 minggu lagi. Maka beliau menekankan pentingnya menjaga kondisi fisik, kesehatan dan kebugaran. Semuanya harus prima sebab ibadah haji adalah ibadah badaniyah.

Oleh karena itu dokter Irma memberikan Tips Armina Sehat, yakni : 

Pertama, Konsumsi air mineral sebanyak mungkin, minimal 200 ML perjam. Sebab kondisi Makkah sangat panas dan kelembaban sangat rendah agar tidak kekurangan cairan(dehidrasi). Sudah ada 24 jama'ah meninggal karena kelelahan dan dehidrasi. Kurangi kegiatan sunnah yang bisa diminimalisir karena puncak Haji adalah di Arofah agar nanti bisa fit.

Kedua gunakan alat pelindung diri ketika aktivitas di luar. Alatnya antara lain topi atau payung, masker, kacamata hitam, semprotan wajah dan alas kaki. Jangan lupa pula membawa air mineral dan oralit. Bila sudah ada tanda atau alarm dari tubuh merasa lelah maka harus istirahat. Usahakan 6 - 8 jam perhari untuk istirahat. Jika ada keluhan segera hubungi petugas kesehatan.

Ketiga, saling peduli dengan teman, utamanya se kamar. Jika ada saudara atau kawan yang sakit membutuhkan bantuan diharapkan untuk tidak segan saling membantu, melaporkan kepada petugas. Kita semua diberharapkan, datang bersama dan pulang juga bersama. Saling menjaga karena kita saudara. Tenaga kesehatan juga selalu siap membersamai jama'ah sampai pulang ke Indonesia.

Kemudian dokter Irma mengajak mengucapkan yel-yel sesuai dengan semboyan Haji 2024, sehat, mabrur, berkah. Jama'ah menjawab dengan kompak dan semangat.

Dokter juga menganjurkan Oralit diminum minimal 1 kali dalam sehari dan bisa lebih. Guna oralit adalah menggantikan cairan tubuh yang keluar dari tubuh. Jika kehabisan oralit bisa minta di petugas. Lalu ada informasi dari pembimbing haji bahwa bagi yang belum mendapatkan kartu Armuzna tidak perlu khawatir tidak bisa hadir di Armuzna. Semua tetap bisa melaksanakan ibadah di Armuzna.

Pesan terakhir dokter, harus selalu diingat, kelelahan dan dehidrasi adalah penyebab utama kematian anggota jama'ah. Jama'ah haji Indonesia harus, Sehat, Mabrur, dan Berkah.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan gerakan minum oralit. Semua jama'ah diberi air mineral dan oralit untuk dikonsumsi bersama sebagai simbol kekompakan menjaga kesehatan.


Refan Purba
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sehat Bugar, Armuzna Lancar

Trending Now