Membina Mental dan Spiritual, Polres Pasuruan Gelar Binrohtal Bersama Anggota dan Santunan Anak Yatim

Admin JSN
20 Juni 2024 | 11.23 WIB Last Updated 2024-06-20T04:28:03Z

 

Polres Pasuruan bersama Kyai Haji Mas'ud Abdullah dalam acara Pembinaan Mental dan Rohani (Binrohtal) 

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM – Dalam rangka meningkatkan pembinaan mental dan spiritual agar terwujud ketaqwaan dan iman kepada Allah SWT, Polres Pasuruan menggelar Pembinaan Mental dan Rohani (Binrohtal) yang diikuti oleh seluruh personil Polres Pasuruan. Kegiatan ini berlangsung di Masjid Rofiqul Ummah Polres Pasuruan pada Kamis, 20 Juni 2024.

Acara Binrohtal tersebut dihadiri oleh Pejabat Utama Polres Pasuruan, perwira, bintara, serta ASN Polres Pasuruan. Kyai Haji Mas'ud Abdullah, seorang Da'i Kamtibmas dari Polsek Beji Polres Pasuruan, menjadi penceramah dalam acara tersebut.

Kabag Ren Polres Pasuruan, Kompol Marwan, S.H., menyatakan, "Kegiatan Binrohtal ini dilaksanakan untuk meningkatkan ketaqwaan dan kemantapan iman anggota Polres Pasuruan dalam menjalankan tugas di lapangan dengan ikhlas dan disiplin, sehingga dicatat sebagai lahan ibadah. Selain meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, kegiatan pengajian rutin ini merupakan bentuk pembinaan mental dan rohani bagi personil Polres Pasuruan."

Acara diawali dengan pembacaan Surat Yasin dan Tahlil, dilanjutkan dengan pembacaan Asmaul Husna, serta tausiyah dari Kyai Haji Mas'ud Abdullah yang mengangkat tema "Sebaik-baik Manusia Adalah yang Bermanfaat bagi Manusia Lainnya."

Dalam ceramahnya, Kyai Haji Mas'ud Abdullah menyampaikan, "Memang manusia itu jumlahnya banyak tetapi sedikit sekali yang memberikan manfaat kepada manusia lainnya, oleh karena itu contohlah kehidupan Rasulullah Muhammad SAW, sebagai manusia terpilih berakhlaq mulia dan sebagai Uswatun Khasanah, apalagi sebagai seorang anggota polisi, sudah sangat tepat untuk melaksanakan ajaran Rasulullah yaitu mengabdikan dirinya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat."

Kyai Haji Mas'ud Abdullah juga menekankan pentingnya istiqomah dalam melaksanakan perintah Allah, terutama shalat fardhu lima waktu. "Sesibuk apapun kegiatan kita, jangan sampai kita tinggalkan sholat, karena dengan melaksanakan shalat, jiwa kita akan terhindar dari sikap keji dan munkar serta melahirkan sikap sabar dan tawakkal dalam menghadapi masalah yang merupakan ujian dari Allah SWT," tuturnya.

Setelah pelaksanaan pengajian Binrohtal, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 20 anak yatim dari Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil. Santunan diberikan langsung oleh Pejabat Utama Polres Pasuruan didampingi oleh Kyai Haji Mas'ud Abdullah dan Modin Desa Manaruwi, Muhammad Ambran.

Muhammad Ambran, selaku Modin Desa Manaruwi dan pembina anak yatim, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolres Pasuruan dan anggotanya. "Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kapolres Pasuruan dan anggota Polres yang sudah memberikan santunan kepada anak-anak yatim binaan kami. Saya doakan semoga situasi Kamtibmas di wilayah Polres Pasuruan selalu aman dan kondusif serta anggota polisinya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Aamiin," ungkapnya.

Kegiatan Binrohtal ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan dan iman anggota Polres Pasuruan, tetapi juga sebagai wujud kepedulian sosial terhadap anak yatim. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memperkuat mental dan spiritual seluruh personil Polres Pasuruan serta menumbuhkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial di kalangan masyarakat

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Membina Mental dan Spiritual, Polres Pasuruan Gelar Binrohtal Bersama Anggota dan Santunan Anak Yatim

Trending Now