Hikmah Bafaqih Tantang FKDM Kabupaten Malang untuk Gelar Aksi di Tiap Kecamatan

Admin JSN
08 Juni 2024 | 22.29 WIB Last Updated 2024-06-09T12:25:09Z

 

Hikmah Bafaqih bersama peserta Sarasehan Tokoh Agama di Gedung PGRI Kabupaten Malang

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM: Siang menjelang zuhur, suasana Gedung PGRI menjadi hangat berkat kehadiran Keynote Speaker, Hikmah Bafaqih. Wanita yang baru terpilih sebagai anggota Dewan Provinsi Jawa Timur itu berhasil menghidupkan suasana Sarasehan Tokoh Agama dalam Mewujudkan Moderasi dan Kerukunan Antar Umat Beragama yang diadakan oleh FKDM Kabupaten Malang pada Sabtu, (8/6/2024).

Hikmah menyindir keberadaan FKDM yang kurang aktif dalam kegiatan, dan menyebut hal ini sebagai salah satu kebiasaan yang sering terjadi di Indonesia.

"SK banyak di bentuk tapi tidak ada tindak lanjut," ujarnya.

Untuk itu, dia segera menantang FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), sebuah bidang yang ada di Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik), agar mengadakan kegiatan di tiap kecamatan. Fatayat, yang juga terlihat banyak hadir, diminta kesanggupannya untuk menyediakan kopi saja tanpa anggaran. Mereka dengan serentak menjawab sanggup. FKDM memiliki tugas membangun puzzle untuk kedamaian Kabupaten Malang.

Hikmah juga menyebut "damai semu" sebagai suatu hal yang harus dihindari.

"Dalam konsep perdamaian ada konsep damai semu, seperti gunung berapi kelihatan indah tapi di dalamnya ada lava yang dalam kondisi tertentu bisa meletus," ucapnya.

“Seperti hutan yang bisa terbakar hanya karena puntung rokok, itulah yang disebut sebagai damai semu. Di masyarakat, ada fenomena mudahnya memuntahkan amarah jika ada masalah. Ini yang patut kita waspadai. Damai semu adalah konsep yang harus dihindari oleh FKDM," ucap Hikmah.

Hikmah juga menjelaskan bahwa tugas utama FKDM adalah mewaspadai gejolak yang mungkin muncul dan menimbulkan keresahan di dalam masyarakat.

"Catat dan laporkan ke Kesbangpol jika mencurigai ada aliran atau kegiatan yang tidak lazim di masyarakat," tambahnya.

Acara yang berlangsung sejak pukul 09.30 ini dihadiri oleh Kasubsi Intel Jaksa Bima, yang menjelaskan tentang posisi Kejaksaan dalam PAKEM, yakni Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Malang, Kasiyanto, juga memberikan sambutan. Ia memaparkan tentang moderasi beragama di Kabupaten Malang yang sudah dikenal secara nasional.

"Kabupaten Malang menjadi rujukan nasional karena kita punya desa moderasi beragama, yaitu Dusun Bajul Mati di Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, yang nomor 1 di Indonesia. Di sana ada gereja, masjid, dan pura yang berdiri berdekatan. Kita menjadi contoh untuk moderasi beragama secara nasional," ujar Kasiyanto.

Sesi tanya jawab menjadi bagian interaktif acara sebelum kegiatan ditutup oleh Ketua FKDM sekaligus moderator, Andick Ikhwanto. Acara diakhiri dengan sesi foto bersama, di mana Hikmah Bafaqih dikerumuni peserta yang berebut untuk berfoto bersama.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hikmah Bafaqih Tantang FKDM Kabupaten Malang untuk Gelar Aksi di Tiap Kecamatan

Trending Now