Cegah Stunting Sejak Dini KUA Winongan Sasar Catin untuk di Intervensi Pra Nikah

Admin JSN
25 Juni 2024 | 10.10 WIB Last Updated 2024-06-25T03:25:46Z

 


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam upaya penurunan stunting bagi calon pengantin (Catin) di Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan. Kegiatan gerakan intervensi serentak pencegahan stunting wajib di ikuti oleh catin sebagai bekal mereka membangun rumah tangga setelah menikah. 

Merupakan bagian dari upaya dan kerja keras pemerintah untuk menurunkan angka stunting bagi catin, KUA Kecamatan Winongan menggelar pertemuan guna memberikan arahan dan bekal bagi catin, hal tersebut dikatan Kepala KUA Winongan, Nur Khotib, M.Pd.I saat memberikan sambutan bimbingan perkawinan (Bimwin) bertempat di Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Winongan pada Selasa (25/6/2024) pagi.


 Kepala KUA Winongan Nur Khotib, M.Pd.I (Kiri)

“Kegiatan Bimbingan Perkawinan bagi Calon pengantin saat ini wajib diikuti oleh semua calon pengantin, khusus di bulan Juni ini kita laksanakan sesuai dengan arahan Bapak Wakil Presiden RI terkait intervensi serentak penurunan stunting khususnya bagi calon pengantin harus 100 persen mengikuti Bimwin Catin dan 100 persen sudah mengisi aplikasi elsimil”, paparnya

Tak hanya itu saja, upaya tertib administrasi pun di tekankan kepada catin yang harus mereka lengkapi untuk dilampirkan yaitu Sertifikat Bimwin yang dikeluarkan oleh KUA, kedua Surat Keterangan Pemeriksaan Kesehatan bagi Calon Pengantin dari Puskesmas, dan yang ketiga Sertifikat elsimil yang dapat diunduh pada aplikasi elsimil: https://elsimil.bkkbn.go.id/ yang dibuat oleh BKKBN. 

Menutup sambutannya Kepala KUA Winongan berharap adanya bimbingan perkawinan bagi catin semua materi yang diterima menjadi ilmu yang bermanfaat sehingga para catin bisa membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah, menjadi keluarga yang barokah saat menikah nanti. 

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan sukses dan materi yang diterima menjadi ilmu yang bermanfaat sehingga mereka bisa membangun keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah, menjadi keluarga yang barokah.” Tutup Kepala KUA Winongan. 

Sebagai bekal bagi para catin pada kegiatan Bimwin kali ini diisi oleh tiga narasumber dari KUA Winongan Tuchfatus Syafaah Muniroh, S.Ag., M.HI. mengisi materi Menuju Keluarga Sakinah dan Berkah Keuangan Keluarga, dari Puskesmas Winongan Kusmiati, S.Bid. memberikan materi Kesehatan Reproduksi, dan dari Balai Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana Kecamatan Winongan, Tuham, menyampaikan materi Menyiapkan Keluarga Berkualitas dan Sosialisasi Aplikasi Elsimil. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Stunting Sejak Dini KUA Winongan Sasar Catin untuk di Intervensi Pra Nikah

Trending Now