1 Juni 2024 FPK, Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Pasuruan Miniatur Keragaman Pancasila Foto Bareng Pj. Bupati Andriyanto

Admin JSN
01 Juni 2024 | 09.56 WIB Last Updated 2024-06-01T05:18:40Z

1 Juni 2024 FPK, Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Pasuruan Miniatur Keragaman Pancasila Foto Bareng Pj. Bupati Andriyanto 

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Upacara memperingati  hari lahir Pancasila Kabupaten Pasuruan 2024 berlangsung di halaman Pendopo Kabupaten Pasuruan. Memimpin uacara yakni Pj. Bupati Andriyanto, Sabtu 1/6/2024.

Berlangsung di Pendopo Nyawiji Ngesti Wenganing Gusti upacara diikuti oleh pasukan bersenjata dan pasukan tidak bersenjata termasuk FPK, Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Pasuruan. Lembaga di bawah binaan Kesbangpol, Kesatuan Kebangsaan dan Politik yang terdiri dari berbagai suku dan etnis yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Mengenakan seragam batik merah Garuda, FPK pimpinan Gus Bayhaqi Kadmi hadir berbaris membentuk pasukan tersendiri, cukup mencolok di samping paskibra yang berpakaian putih-putih.

"Pancasila itu menyatukan keberagaman, memberi energi persatuan bukan menyeragamkan perbedaan. Harta Karun paling mahal yang dimiliki negara kesatuan Republik Indonesia," tutur Gus Bay tentang keterlibatan FPK dalam upacara Hari Lahir Pancasila.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Andriyanto menyampaikan beberapa poin penting, berkenaan tentang tantangan bagi seluruh elemen masyarakat dalam merawat anugerah Pancasila sebagai ideologi bangsa. Seperti yang disampaikan dalam amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (RI), Yudian Wahyudi berikut ini.

"Perkembangan situasi global yang ditandai pesatnya kemajuan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa kita tidak mengalami disorientasi di masa depan. Masifnya penggunaan smartphone dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dimanfaatkan secara bijak untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila," ucap Pj. Bupati.

Di samping itu, Pj. Bupati Andriyanto juga mengajak  seluruh masyarakat untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian. Utamanya dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

"Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan kita hadapi dapat diatasi. Terlebih di tengah krisis global yang terjadi, bangsa Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial dan politik. Keberhasilan ini tentu merupakan sumbangsih gotong-royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya. Selamat Hari Lahir Pancasila," imbuhnya dengan bersemangat.

Upacara juga diikuti oleh Sekretaris Daerah Yudha Triwidya Sasongko serta Asisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pasuruan. Turut dihadiri pula oleh Wakapolres Pasuruan, Wakapolresta Pasuruan, Kepala Pengadilan Negeri Pasuruan, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan dan jajaran Forkopimda plus.

Berlangsung mulai pukul 07.30 hingga pukul 08.30 acara diwarnai dengan foto bersama.usai acara. Pj Bupati dengan ramah melayani seluruh permintaan dari peserta upacara. Begitu pula dengan  Pengurus FPK, senyum dengan berbagai pose dilakukan sebelum pamit pulang. Ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 1 Juni 2024 FPK, Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Pasuruan Miniatur Keragaman Pancasila Foto Bareng Pj. Bupati Andriyanto

Trending Now