Tingkatkan Etika Pergaulan, Mahasiswa PPG Prajabatan UM Bimbingan dan Konseling Gandeng SMP Wahid Hasyim, Berikan Seminar Sekaligus Gelar Karya “Positive Relationship”

Eko Rudianto
23 Mei 2024 | 17.57 WIB Last Updated 2024-05-23T11:22:01Z

Gambar 1 : Seminar Positive Relationship

MALANG | JATIMSATUNEWS.COM : Mahasiswa PPG Prajabatan Gel. 1 Tahun 2023 Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang tergerak melakukan seminar pendidikan “Positive Relationship” sebagai tindakan pencegahan kepada remaja dalam berhubungan dengan teman sebaya, agar para remaja dapat memiliki etika yang baik dalam bergaul dengan teman sebaya.

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sebagai aksi nyata penerapan mata kuliah projek kepemimpinan mahasiswa PPG Prajab Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang yang bekerjasama dengan SMP Wahid Hasyim Malang. Sasaran projek kegiatan ini adalah siswa kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang.

Kegiatan ini memiliki beberapa rangkaian acara yaitu, pada hari pertama dilaksanakannya acara seminar pendidikan “Positive Relationship” (6/5/2024), kelompok mahasiswa PPG menampilkan media berupa film pendek yang diperankan oleh kelompok mahasiswa PPG untuk memberikan contoh penerapan etika yang baik dan tidak baik dalam berhubungan dengan teman sebaya, selain itu kelompok mahasiswa PPG juga mendatangkan pemateri yang expert di bidang Bimbingan dan Konseling, beliau merupakan dosen Bimbingan dan konseling Ibu Riskiyana Prihatiningsih, M.Pd untuk memberikan pengetahuan lebih dalam tentang etika yang baik dalam bergaul dengan teman sebaya, hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan technical meeting untuk persiapan gelar karya (7/5/2024), dan hari ketiga merupakan acara puncaknya yaitu peserta didik melaksanakan gelar karya untuk mengkampanyekan tentang “positive relationship” melalui poster atau video yang telah dibuat bersama dengan kelompok mereka (16/5/2024).

Dra. Hj. Masruroh selaku kepala sekolah SMP Wahid Hasyim menyambut kegiatan ini dengan antusias dan dukungan penuh terhadap keberlangsungan serangkaian kegiatan seminar “Positive relationship”. “Alhamdulillah, kegiatan ini sangat bermanfaat kepada para siswa kami. Mereka jadi tahu tentang etika, macamnya, faktornya, dampaknya dan masih banyak lagi. Ada lagi hal yang di luar ekspektasi saya yaitu ketika gelar karya siswa sangat aktif dan kreatif untuk jenjang SMP. Mereka juga dapat mengkampanyekan kepada kakak kakak dan adik kelasnya di kelas VII dan IX. Luar biasa sekali!” ungkap beliau.

Kegiatan ini juga memanfaatkan media sosial sebagai kampanye tentang “positive relationship” yang telah dilakukan oleh para siswa dengan mempublikasikan hasil karya mereka pada media sosial mulai hari Selasa (7/5/2024) hingga hari Minggu (12/5/2024). Tujuan publikasi sebagai penyebaran informasi kepada masyarakat luas tentang gambaran “positive relationship”, dan pencegahan terhadap hubungan remaja yang kurang beretika dalam bergaul dengan teman sebaya. Selain itu kegiatan publikasi ini juga dilombakan dengan menghitung jumlah like dan komentar terbanyak pada postingan yang dilakukan oleh siswa, juga sebagai indikator bahwa hasil karya sudah dilihat banyak pengguna media sosial.

Ibu kepala sekolah SMP Wahid Hasyim mengaku senang atas terselenggaranya kegiatan ini “Saya sangat senang dan mendukung atas terselenggaranya kegiatan ini. Kami juga sudah memiliki program sekolah untuk meningkatkan etika, ditambah lagi dengan kegiatan ini. Terima kasih atas projek yang sangat menarik dan menyenangkan ini, semoga bisa bermanfaat bagi kami khususnya para siswa kami” Ungkap beliau.

“Saya juga merasa senang atas terselenggaranya kegiatan ini. Ini sangat penting karena dapat meningkatkan pengetahuan kami tentang etika bergaul dan untuk meningkatkan tingkat komunikasi kami kepada teman teman, adik kelas, kakak kelas dan bapak ibu guru untuk mengkampanyekan etika yang positif. Selain itu saya juga dapat menampilkan kreativitas saya dalam membuat poster dan video” Ungkap salah satu siswa kelas 8C.

Harapannya kegiatan ini dapat bermanfaat untuk membentuk generasi yang berbudi luhur dan beretika yang positif.

Pewarta: Zayyan Shohib El Mahmud

Gambar 2 : Gelar Karya "Positive Relationship"
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Etika Pergaulan, Mahasiswa PPG Prajabatan UM Bimbingan dan Konseling Gandeng SMP Wahid Hasyim, Berikan Seminar Sekaligus Gelar Karya “Positive Relationship”

Trending Now