Penyuluhan STBM, Penyakit Berbasis Lingkungan di Desa Plososari Grati

08 Mei 2024 | 20.13 WIB Last Updated 2024-05-08T13:13:10Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Rabu, 8 Mei 2024 - UPT Puskesmas Grati melalui Tim Verifikasi Desa menggelar Penyuluhan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Dengan tema "Desa Plososari STOP BABS Tahun 2024 100% Akses Jamban Sehat", acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Perangkat Desa, BPD, dan Kader TPK (Tim Pendamping Keluarga). 

Penyuluhan yang diselenggarakan mencakup berbagai penyakit berbasis lingkungan seperti Diare, Disentri, Thypus, dan Demam Berdarah. Siti Komariyah, ST, Sanitarian Puskesmas Grati, menekankan pentingnya Penanggulangan Demam Berdarah di Desa Plososari dengan melibatkan masyarakat dalam kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (SPN) dan menerapkan prinsip 3M Plus :
1. Menguras bak mandi dan membersihkan WC,
2. Menutup tempat-tempat penampungan air,
3. Mengubur / penjualan barang-barang bekas,
PLUS : 
-. Menggunakan penolak nyamuk / repellent
-. Menanam tanaman pengusir nyamuk
-. Memakai kelambu tidur
-. Memberikan ikan pada kolam/bak air
-. Menggunakan obat nyamuk dengan benar
-. Memberikan serbuk Abate /pembasmi jentik untuk bak atau tandon air yang tidak dapat dikuras.

Drs. Mukhammad Ismail, Koordinator Penyuluh KB, juga menyampaikan materi tentang Verifikasi dan Validasi data stunting, Pendampingan Keluarga Resiko Stunting, serta Pendampingan Catin (Calon Pengantin), Bumil (Ibu Hamil), dan Paska Salin. Acara ini diikuti dengan antusias dan perhatian seksama oleh peserta yang hadir, menunjukkan keseriusan mereka dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di Desa Plososari. (Bli)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penyuluhan STBM, Penyakit Berbasis Lingkungan di Desa Plososari Grati

Trending Now