Penuhi Cairan, Pakai Masker dan Minum Obat

Admin JSN
25 Mei 2024 | 09.56 WIB Last Updated 2024-05-25T02:56:02Z


MADINAH | JATIMSATUNEWS.COM: Hari ini, Sabtu 25 Mei 2024, tepat 1 minggu jama'ah Kloter 26 Kab Malang Propinsi Jawa Timur berada di Madinah setelah keberangkatan dari Asrama Haji Sukolilo. Selama 1 minggu ini ada beberapa jama'ah yang mengalami gangguan kesehatan. Namun masih dalam tarap ringan. Keluhan utama adalah batuk dan pilek. Penyebab utama adalah perbedaan cuaca yang agak ekstrim antara Madinah dan Malang.

Menurut tim medis Kloter, sebagian besar keluhan adalah Ispa(infeksi saluran pernapasan), batuk dan pilek. Terutama setelah pulang dari ziaroh religi. 

"Keluhan jama'ah ada, setiap hari rata-rata 5 orang. Sebagian besar keluhan adalah Ispa, batuk dan pilek," tutur Dokter Salsabila Fajriani. 

Oleh karena itu beliau berharap kepada jama'ah untuk tetap menjaga kesehatan. Diantara yang bisa dilakukan adalah banyak minum air putih dan pakai masker.

"Mohon dijaga kesehatannya, terutama kecukupan cairan dan oralitnya diminum. Jangan malas untuk menggunakan masker", Pinta dokter muda ini.

Disamping itu, penyakit terbanyak selain ispa adalah penyakit bawaan jamaah yaitu hipertensi (darah tinggi). Oleh karena itu beliau berpesan agar selalu mengkonsumsi obat darah tinggi secara teratur dan istirahat yang cukup. 

"Ingat, kalau kita masih proses yang panjang menuju Arofah. Tujuan utama adalah ibadah haji," pinta beliau.


π™ΏπšŽπš πšŠπš›πšπšŠ: πšπšŽπšπšŠπš— π™Ώπšžπš›πš‹πšŠ | π™΄πšπš’πšπš˜πš›: π™΅πšŠπšŒπš‘πš›πš’
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Penuhi Cairan, Pakai Masker dan Minum Obat

Trending Now