Mahasiswa Bina Desa UPN Veteran Jawa Timur Membantu Operasional di Wisata Coban Lanang

Admin JSN
08 Mei 2024 | 04.47 WIB Last Updated 2024-05-07T21:49:26Z

 


Mahasiswa Bina Desa UPN Veteran Jawa Timur Membantu Operasional di Wisata Coban Lanang

BATU | JATIMSATUNEWS.COM: Batu menjadi salah satu destinasi pariwisata terbesar di Jawa Timur. Berada di dataran tinggi, Kota Batu memiliki display alam yang indah serta suasana yang sejuk sehingga tidak heran terdapat banyak pula tempat wisata menarik baik wisata alam ataupun buatan. 

Coban Lanang adalah salah satu destinasi wisata yang menarik di Batu, Jawa Timur. Air terjun ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan kolam air yang menyegarkan.

Coban Lanang yang berada di Dusun Ngujung, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu ini menyuguhkan pesona air terjun dengan aliran yang cukup deras. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 15 meter sampai 20 meter. 

Nama air terjun Coban Lanang diambil dari nama sungai yang mengaliri air terjun ini yaitu Kali Lanang atau Sungai Lanang. Sungai ini merupakan sempalan Sungai Brantas yang mengalir ke arah timur. 

Jika terasa lapar saat berada di Coban Lanang, pengunjung tidak perlu khawatir harus jauh-jauh mencari makanan atau minuman. Sebab, di dekat tempat wisata tersebut, didirikan sebuah kafe yang bisa langsung pesan. Kafe tersebut yang bernama Men.The.Man Caffe & Eatery.

Rutinitas setiap pagi, tepatnya sebelum membuka wisata Coban Lanang Mahasiswa Bina Desa turut andil membersihkan terlebih dahulu tempat wisata mulai dari tempat parkir, loket, sampai cafe dan sekitarnya. Lalu dilanjutkan dengan brifieng untuk penempatan jobdesk mulai dari Ticketing, Kitchen dan Bar. 

Diticketing sendiri Mahasiswa Bina desa membantu melakukan pekerjaan dengan memberi sambutan pada tamu yang akan berkunjung lalu menyobek tiket masuk untuk dibagikan kepada pengunjung dan juga menghitung keuntungan tiket penjualan. 

Selanjutnya kitchen, disini Mahasiswa Bina Desa membantu memasak pesanan yang telah dipesan melalui cafe, untuk menunya sendiri ada jajanan seperti cireng, kentang, nugget & sosis, untuk makanannya tersedia Mie kuah & goreng. 

Yang terakhir ada Bar, disini Mahasiswa juga membantu untuk membuatkan minuman yang telah dipesan. Untuk menu minumannya sendiri ada Kopi, teh, susu, dan Jus. 

Diakhir jam kerja Mahasiswa Bina Desa dan staff Coban Lanang akan berkumpul di depan loket untuk membantu penutupan di area wisata dan diakhiri dengan doa bersama. 

Pengelola Wisata Coban Lanang telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung yang datang, seperti tempat parkir yang luas, toilet, musala, dan gazebo  untuk duduk bersantai atau makan, hingga tempat untuk mengecas handphone. 

Pengunjung juga bisa mencoba lokasi foto yang Instagrammable. Kafe dengan berbagai menu berbeda juga tersedia di lokasi ini Selain itu, Coban Lanang juga memiliki taman yang dipenuhi pepohonan, bunga, dan  tempat duduk ala kafe. Para tamu juga dapat menikmati kolam renang yang  disediakan oleh pihak pengelola. Untuk mencapai kawasan air terjun Coban Lanang, Anda harus berjalan kaki selama 5 menit dan melintasi jembatan kayu yang estetisk.

Untuk harga tiket masuk ke Coban Lanang juga terbilang terjangkau. Dengan mengeluarkan Rp 15 ribu, pengunjung bisa menikmati pesona alam di Coban Lanang. Coban Lanang buka setiap hari sejak pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. 


ttps://www.upnjatim.ac.id/ https://www.upnjatim.ac.id/https://lppm.upnjatimh

ttps://lppm.upnjatim.ac.id/

https://fisip.upnjatim.ac.id/

https://pariwisata.upnjatim.ac.id/


Penulis : 

Ayyasa Kurnia Essa Putri

Hardian Mochamad Akbar

Revani Fatma Vira Pratama

Rohaida Fadzila Fitriani

Princes Arsaredima Fahlevi

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa Bina Desa UPN Veteran Jawa Timur Membantu Operasional di Wisata Coban Lanang

Trending Now