Lengkap Petugas Masjid

Admin JSN
26 Mei 2024 | 14.51 WIB Last Updated 2024-05-26T07:51:59Z
πš•πšŽπš—πšπš”πšŠπš™ πš™πšŽπšπšžπšπšŠπšœ πš–πšŠπšœπš“πš’πš

MADINAH | JATIMSATUNEWS.COM:
Dalam rangka membantu kenyamanan dan kelancaran jama'ah beribadah di masjid, berdasarkan pengamatan, ada beberapa petugas yang senantiasa standby di lingkungan masjid yang melayani jama'ah. Diantara petugas itu adalah ;

Pertama, Petugas Al-Qur'an. 
Petugas ini berseragam biru muda. Tugasnya membersihkan dan menata Al-Qur'an yang ada tempat Al-Quran, yakni di tiang masjid. Disamping itu juga mengedarkan Al-Quran kepada jama'ah yang hendak membaca dan mengambilnya dari jama'ah yang selesai membaca. 

Kedua, Petugas Sampah.
Petugas ini berseragam biru tua. Tugasnya mengambil barang-barang yang sudah tidak dipakai oleh jama'ah seperti bungkus makanan, minuman, kertas, tisu dan lain-lain. Biasanya mereka selalu berkeliling mengamati barang itu dan mengambilnya.

Ketiga, Petugas Zamzam.
Petugas ini berseragam Krem. Tugasnya memenuhi kebutuhan air Zamzam di tong-tong yang telah ditata di dalam masjid. Disamping itu mereka juga mengedarkan gelas plastik isi air Zamzam kepada jama'ah yang ingin minum.

Keempat, Pengatur Shof Jama'ah.
Petugas ini berseragam krem doreng. Tugasnya mengatur jama'ah yang berbondong-bondong menuju dalam masjid dengan mengarahkan ke arah kanan atau kiri agar jama'ah tidak menumpuk di lokasi tertentu. Menjaga dan melarang lokasi yang penuh untuk dimasuki jama'ah. Disamping itu juga membangunkan jama'ah yang tidur dalam masjid serta mengarahkan jama'ah ketika lokasi tertentu akan ditutup untuk jama'ah wanita.

Kelima, Petugas Pintu Masuk.
Petugas ini biasanya berpakaian jubah dilengkapi sorban khas Arab ditambah dengan rompi. Bagi mereka disediakan tempat duduk di depan atau samping pintu masuk. Mereka akan mengarahkan jama'ah ke dalam masjid. Termasuk menunjukkan tempat untuk laki-laki atau perempuannya. 

Keenam, Petugas Kebersihan.
Mereka berseragam hijau. Tugasnya membersihkan lokasi yang dianggap kotor baik di masjid, pelataran maupun jalan. 

Ketujuh, Pengatur Roudhoh.
Mereka berseragam jubah dan bertopi serta pakai rompi orange tua. Tugasnya mengatur antrian jama'ah yang akan masuk Roudhoh, menata di dalam serta mengarahkan jalan keluar Roudhoh.

Dengan begitu banyaknya petugas masjid, jama'ah bisa lebih nyaman dan leluasa dalam beribadah. Kebutuhan ibadah pendukung bisa lebih mudah didapatkan sehingga ibadah bisa lebih sempurna. 


π™ΏπšŽπš πšŠπš›πšπšŠ: πšπšŽπšπšŠπš— π™Ώπšžπš›πš‹πšŠ | π™΄πšπš’πšπš˜πš›: π™΅πšŠπšŒπš‘πš›πš’
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lengkap Petugas Masjid

Trending Now