Andik Yuliyanto, Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA Berburu Kitab Kuning Tafsir Jalalain Jenggot Jawa Hingga ke Pasuruan

Abdullah
09 Mei 2024 | 17.21 WIB Last Updated 2024-05-09T10:27:10Z


Andik Yulianto bertemu kawan literasi, Ketua Komalku (Komunitas Menulis Buku) Indonesia Anis Hidayatie di Pasuruan

SAPA TOKOH | JATIMSATUNEWS.COM:

Keinginan memiliki, membaca juga mendalami kembali ilmu Qur'an, membawa seorang Andik Yulianto bertandang ke kota Pasuruan, Rabu 7 Mei 2024.

Sebetulnya, Disiplin ilmu yang diampu dosen Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA  ahli linguistik forensik ini tidak berhubungan dengan kitab yang diburu, akan tetapi minatnya mempelajari ilmu tafsir dan kitab-kitab kuning sedemikian besar, sehingga sampai menginjakkan kaki di bumi kota Pasuruan. 

"Saya tadi mencari dan membeli Kitab Tafsir Jalalain dengan Jenggot jangga. Ini kitab langka, dari dulu saya ingin memiliki," ujar Dosen Andik pada JatimSatuNews di halaman Polresta Pasuruan. 

Menyebut rencana akan mengadakan penelitian terhadap kitab-kitab kuning kuning Jenggot Jawa, Dosen Andik juga berencana membuat jurnal serta membukukan hasil penelitian tersebut.

"Saya tertarik dari sisi tata bahasanya, belum banyak referensi, pasti bermanfaat jika jadi buku dan dibaca orang nanti," urai dosen Andik. 

Menemukan buku yang diburu di toko kitab Alun-alun kota Pasuruan, dosen Andik menunjukkan buku-buku yang dibawa.

"Ada 3 buku berjenggot Jawa dari kitab Tafsir Jalalain ini," tutur Dosen Andik.

Kebahagiaan dirasakan, seperti bertemu pujaan. Sisi lain pecinta ilmu yang nampak ketika menemukan buku yang diburu.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Andik Yuliyanto, Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA Berburu Kitab Kuning Tafsir Jalalain Jenggot Jawa Hingga ke Pasuruan

Trending Now