Turis Asing Asal China Meninggal Setelah Jatuh Ke Kawah Ijen Di Banyuwangi

21 April 2024 | 00.26 WIB Last Updated 2024-04-20T17:27:41Z



BANYUWANGI | JATIMSATUNEWS.COM

Seorang wisatawan asing dari China, HL (31), telah meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tragis di Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, Banyuwangi. Insiden tersebut terjadi pada hari Sabtu, 20 April 2024.

Menurut laporan dari saksi mata, HL jatuh ke dalam jurang dengan kedalaman puluhan meter setelah tergelincir dari bibir kawah. HL dan suaminya sedang mengunjungi kawah tersebut bersama seorang pemandu wisata bernama Guswanto.

Perjalanan mereka dimulai dari Paltuding sekitar pukul 02.00 WIB, dengan tujuan untuk menyaksikan fenomena Blue Fire. Setelah itu, mereka naik ke gunung Ijen dan turun ke kawah untuk menyaksikan pemandangan. 

Saat kembali ke bibir kawah untuk menyaksikan matahari terbenam, HL dan suaminya berfoto di salah satu spot dengan latar belakang matahari terbit. Saat HL berpose untuk foto bersama suaminya, ia terserempet rok panjang yang mengakibatkan ia tergelincir dan jatuh ke dalam jurang yang memiliki kedalaman sekitar 100 meter.

Guswanto segera berlari ke Paltuding untuk meminta pertolongan, sementara petugas Taman Wisata Alam Ijen menerjunkan tim untuk mengevakuasi korban. Namun, upaya penyelamatan memakan waktu dua jam karena lokasi korban terjatuh sulit dijangkau.

Kasi V Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur, Dwi Sugiharto, menyatakan bahwa korban ditemukan dalam keadaan tak bernyawa lagi di kedalaman jurang sekitar 75 meter.

"Kejadian ini menjadi pengingat akan pentingnya kehati-hatian saat berada di lingkungan alam yang berbahaya, serta perlunya pengawasan yang lebih ketat untuk melindungi wisatawan selama perjalanan wisata,"Imbuhnya.(Ubaid)




Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Turis Asing Asal China Meninggal Setelah Jatuh Ke Kawah Ijen Di Banyuwangi

Trending Now