KUA Tosari Support Tempe Mendoan Premium Zico untuk Meramaikan Acara Tawur Kesanga Di Tosari

Admin JSN
10 Maret 2024 | 17.46 WIB Last Updated 2024-03-10T12:26:33Z

 

KUA Tosari Support Tempe Mendoan Premium Zico untuk Meramaikan Acara Tawur Kesanga Di Tosari

PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM: Hari Raya Nyepi sebentar lagi datang. Untuk memperingatinya, umat Hindu melakukan serangkaian upacara. Salah satunya adalah upacara Tawur Kesanga. 

Umat Hindu kecamatan Tosari hari ini (Minggu, 10 Maret 2024) sedang melaksanakan upacara Tawur Kesanga di rest area Tosari. Tujuan diadakannya upacara ini adalah untuk mengusir keburukan dari lingkungan hidup. Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan pawai Ogoh-ogoh yang berwujud Butha Kala atau simbol kejahatan. Ogoh-ogoh kemudian diarak keliling desa dan dibakar di lapangan dekat KUA Tosari. Pembakaran ini bermakna agar semua kejahatan sirna.

Umat Hindu dan warga kecamatan Tosari menyambut dengan antusias upacara ini. Termasuk UMKM Pasuruan yang hadir untuk menyemarakkan prosesi acara. 

"Selain mengurusi berbagai hal tentang penyuluhan pernikahan, pernikahan dan segala permasalahannya, KUA Tosari juga turut serta mensupport warga Pasuruan agar lebih berdaya secara ekonomi." Amaluddin, Kepala KUA Tosari menuturkan.

"Lebih khusus Kecamatan Tosari yang terkesan dianaktirikan dalam segala hal. Sehingga ekonomi juga sangat minim dan tertinggal. Disinilah butuh uluran tangan dari para pengemban UMKM," lanjutnya.

KUA Tosari dan Kecamatan Tosari bekerjasama dengan UMKM tempe mendoan premium khas Pasuruan Zico menggelar produk dagangannya. 

"Kecamatan Tosari ikut serta memajukan UMKM Kabupaten Pasuruan dengan produk Tempe Zico dan produk olahan kentang dari petani Tosari. UMKM adalah unsur penting perekonomian yang tahan resesi," ujar Winarti istri Camat Tosari.

Acara ini dihadiri oleh Rusdi DPRD dari Gerindra, Andri DPRD PDI. Acara dibuka oleh Hadi  Kasubag Kesra yang mewakili Bupati. Dihadiri juga oleh Camat, KUA, Danramil, Kapolsek, Toga, Tomas dan para kepala desa. Ans

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • KUA Tosari Support Tempe Mendoan Premium Zico untuk Meramaikan Acara Tawur Kesanga Di Tosari

Trending Now