Gambar 1

Gambar 1

Gambar 2

Gambar 2

Gali Potensi Gen Z, Duta Santri Nasional Gelar Dua Acara Sekaligus: Talkshow Dan Kompetisi Da’i Se-Jawa Bali

M. Kholilur Rohman
26 Maret 2024 | 21.34 WIB Last Updated 2024-03-26T14:34:23Z

 

MALANG | JATIM SATU NEWS – Gali potensi Gen Z, Duta Santri Nasional gelar kegiatan kompetisi Da’i se-Jawa Bali. Kegiatan bertema "Aksi Genzi Dalam Menyongsong Bulan Suci Ramadan", para finalis kembali diadu di Rektorat lantai 5 UIN Malang, senin (25) Maret 2024 kemarin.

Selain kompetisi Da’i se-jawa Bali, Duta Santri Nasional juga menggelar talkshow bertemakan “Gen-Z; Antara Cita-cita dan Cinta”. Dua kegiatan itu tiada lain bertujuan meningkatkan kompetensi dan pengetahuan Gen-Z seputar keagamaan.

Sebagai ketua pelaksana, Zikni Amiruddin menyampaikan bahwa salah satu sorotan dalam diskusi adalah tentang bagaimana Gen Z memadukan antara cita-cita karier dengan komitmen mereka terhadap agama.

“Banyak dari mereka yang menunjukkan dedikasi tinggi dalam mengejar kesuksesan profesional, namun tetap memprioritaskan kewajiban agama dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

    

Gus Rifqil, salah satu pemateri dan juga Pengasuh pondok Mambaul Hikmah Kendal mengungkapkan, bahwa banyak dari teman-temannya merasa tertarik pada kemajuan teknologi dan peluang karier di dunia digital, namun mereka juga tidak ingin melupakan ajaran agama yang ditanamkan sejak kecil.

“Kami merasa perlu untuk tetap terhubung dengan nilai-nilai agama dalam segala aspek kehidupan kami. Namun di sisi lain, kami juga tidak ingin tertinggal dalam kompetisi global yang semakin ketat,” ungkap Beliau.

Sementara itu, Ning Imaz yang juga pengasuh Pondok Mambaul Hikmah Kendal, menambahkan bahwa tantangan terbesar bagi gen Z adalah menjaga keseimbangan antara kedua hal tersebut.

“Kami ingin sukses dalam karier kami, tetapi juga ingin menjalani hidup yang sesuai dengan ajaran agama kami. Ini bukanlah perkara mudah, namun kami percaya bahwa dengan kesadaran dan komitmen, kami dapat mencapainya,” tegasnya.

Tak kalah penting acara talkshow juga dihadiri langung oleh Veve Zulfikar yang merupakan penyanyi muda lagu-lagu religi, menyoroti pentingnya pendidikan agama dalam membentuk karakter dan moralitas Gen Z.

“Dengan akses yang lebih mudah terhadap informasi melalui teknologi, generasi ini dihadapkan pada beragam tantangan, sehingga pendidikan agama menjadi kunci dalam membentengi mereka dari pengaruh negative,” ujar Veve.

Sebagai tambahan informasi, Adapun beberapa nama yang berhasil memenangkan lomba Da’i se-Jawa Bali ialah sebagai berikut: Siti Nur lutfiyatul Kharisma dari Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya (Juara 1), Wipa Aryandin Parhatus Sa’adah dari Institut Nahdlatul Ulama Tasikmalaya (Juara 2), Shofie Auliya Illah dari Universitas Islam Malang (Juara 3), Salsabila Fatikha Rivani dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Juara Harapan 1), Wardah Latifah dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung (Juara Harapan 2), Eka Rosyaadah Nabila dari SMAN 1 Wonoayu (Juara Harapan 3).

 

Pewarta: M. Kholilur Rohman


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gali Potensi Gen Z, Duta Santri Nasional Gelar Dua Acara Sekaligus: Talkshow Dan Kompetisi Da’i Se-Jawa Bali

Trending Now