Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW Di MTsN 5 Pasuruan: Mengenang Perjalanan Spiritual Yang Memukau

17 Februari 2024 | 10.27 WIB Last Updated 2024-02-17T03:31:51Z


PASURUAN | JATIMSATUNEWS.COM:

Pada hari Sabtu, tanggal 17 Februari 2024, MTsN 5 Pasuruan menggelar acara peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang meriah dan penuh makna. Acara yang diawali dengan pembacaan sholawat al-Barzanji karangan al-Imam Al-Busiri dan dilanjutkan dengan sholawat Adibai karangan al-Imam Abdurrokhman Aldibai yang dipersembahkan oleh kelompok Terbang Al-Banjari MTsN 5 Pasuruan.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Sekolah MTsN 5 Pasuruan, Bapak Ivan Wahyudi, S.Pd., yang mengajak seluruh siswa untuk mengambil hikmah dari peringatan hari besar Islam Isra' Mi'raj dengan menyempurnakan ibadah sholat, terutama dalam sholat berjamaah.

Acara dilanjutkan dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ketua MUI Kecamatan Rejoso, Al-Ustadz KH. Akhmad Ja'farudin. Dalam ceramahnya, beliau menjelaskan pengertian istilah Isra' dan Mi'raj, yaitu perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina, dan kemudian dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha. Beliau juga menyoroti pengurangan jumlah sholat dari 50 kali menjadi 5 kali sehari setelah musyawarah dengan para nabi lainnya.

Selain itu, Al-Ustadz KH. Akhmad Ja'farudin juga menekankan pentingnya menjalankan sholat dengan baik dan benar sebagai tolak ukur dalam kehidupan sehari-hari. Ditegaskan bahwa menjalankan sholat berjamaah memiliki keutamaan yang lebih besar dibandingkan dengan sholat sendirian.

Acara ini dihadiri oleh seluruh siswa dan guru MTsN 5 Pasuruan serta beberapa tamu undangan dari masyarakat sekitar. Diharapkan peringatan Isra' Mi'raj ini dapat memperkuat iman dan memotivasi seluruh peserta untuk meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.(SA)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW Di MTsN 5 Pasuruan: Mengenang Perjalanan Spiritual Yang Memukau

Trending Now