Mantan Wabup Klaim Dirinya Menjadi Mentor Pj. Bupati Sampang, Akan Lakukan Ini di Minggu Pertama

Admin JSN
02 Februari 2024 | 23.05 WIB Last Updated 2024-02-03T17:07:04Z

Caption: Foto Wabup Sampang (peci hitam), saat Menghadiri serah terima dan pelantikan Pj. Bupati Sampang dan Walikota Probolinggo (foto Screenshot live streaming).
SAMPANG | JATIMSATUNEWS.COM: Berbagai spekulasi siapa yang akan menggantikan sementara Kepala Daerah selaku Pj. Bupati Sampang akhirnya terkuak dan siapa dibelakang selama ini dengan segala kepentingan politiknya ke depan. 


Dinamika publik tanpa disadari telah dipertontonkan sebuah fenomena di medsos maupun sosmed bagaimana alur perjalanan politiknya. Pra hingga pasca pelantikan Pj. Bupati Sampang, Rudi Arifiyanto, merupakan jabatan definitif Sekretaris Deputi Kebijakan Pembangunan pada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).


Setelah dilantik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, pada Selasa 30/01/24 di Gedung Grahadi Surabaya, dihadiri beberapa Tokoh dan Politisi mendampingi pelantikan tersebut hingga penyambuntan di Pendopo Trunojoyo Sampang, setelah itu melakukan silaturahmi dan safari politik dalam beberapa hari terakhir ini yang dikemas dalam agenda Sinergitas dengan beberapa Kades maupun mantan Kades. 


Terkonfirmasi dari foto dan video yang beredar nampak begitu kental kepentingan dan ambisi politiknya, mantan Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat ini ketika pada berbagai kesempatan mendampingi Pj. Bupati Sampang setiap kali melakukan giat, baik seremonial birokrasi maupun komunikasi dengan Politisi.


Caption: Pj Bupati Sampang (tengah), saat mumen foto bersama tamu undangan di Musrenbang Kecamatan Pangarengan bersama Mantan Wabup Sampang dan Anggota DPRD Dapil I.

Rupanya Ketua DPC PPP H. Abdullah Hidayat yang merupakan mantan Wakil Bupati terlihat intens mendampingi Pj. Bupati Rudi Arifiyanto, hadir saat gelar Musrenbangcam Pangarengan dan Torjun, silaturrahmi di rumah mantan Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Sampang, Ahmad Muhtadin maupun kegiatan "Sandur Madura" di rumah Anggota DPR RI Fraksi PAN, Slamet Ariyadi di Desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal-Sampang.


Bahkan tidak canggung pada kesempatan tersebut mantan Wabup H. Abdullah Hidayat, mengklaim dirinya selaku mentornya Pj. Bupati Sampang, Rudi Arifiyanto, yang baru saja dilantik. Bahkan dirinya berkeyakinan akan mengganti Pj. Kades.
"πš‚πšŠπš’πšŠ πšœπšŽπš‹πšŠπšπšŠπš’ πš–πšŽπš—πšπš˜πš› πšπš’πšœπš’πš—πš’, 𝚜𝚊𝚒𝚊 πšŠπš”πšŠπš— πš–πšŽπš•πšžπš›πšžπšœπš”πšŠπš— πš‘πšŠπš• πš’πšŠπš—πš πš‹πšŽπš—πšπš”πš˜πš”-πš‹πšŽπš—πšπš”πš˜πš”, (πš‚πšŠπš™πš˜πš›πšŠπš—πšŠπš‘ πšœπšŽπš•πšžπš”-πš‹πš’πš•πšžπš” πš‹πš’πš” πš”πšžπš•πšŽπš‘) πšœπšŽπšπš’πš”πš’πš πšπšŽπš–πš’ πšœπšŽπšπš’πš”πš’πš πšŠπš”πšŠπš— 𝚜𝚊𝚒𝚊 πš•πšžπš›πšžπšœπš”πšŠπš— πšπšŠπš— πšŠπš”πšŠπš— 𝚜𝚊𝚒𝚊 πš‹πšžπš”πšπš’πš”πšŠπš— !," ucap mantan Wabup penuh yakin

Dalam sambutannya H. Abdullah Hidayat berkeyakinan bahwa yang bisa menganti Pj Kades bukan hanya Bupati melainkan Pj. Bupati.
"π™±πšžπšŠπš πš–πšŠπšœπš’πšŠπš›πšŠπš”πšŠπš π™ΊπšŠπš‹πšžπš™πšŠπšπšŽπš— πš‚πšŠπš–πš™πšŠπš—πš 𝚜𝚊𝚒𝚊 πšπšŽπšπšŠπšœπš”πšŠπš— πš‹πšŠπš‘πš πšŠ πš’πšŠπš—πš πš‹πš’πšœπšŠ πš–πšŽπš—πšπšπšŠπš—πšπš’ π™Ώπš“. π™³πšŽπšœπšŠ πš’πšπšž πš‘πšŠπš—πš’πšŠπš•πšŠπš‘ π™±πšžπš™πšŠπšπš’ πšπšŠπš— π™Ώπš“. π™±πšžπš™πšŠπšπš’,"  sambutnya dalam sebuah pertemuan.
"π™±πšžπš”πšŠπš— πš‘πšŠπš—πš’πšŠ π™±πšžπš™πšŠπšπš’, π™±πšžπš™πšŠπšπš’ πšπšŠπš— π™Ώπš“. π™±πšžπš™πšŠπšπš’," ulangnya lagi

Dirinya mengatakan bahwa Sampang bukanlah kerajaan, marwah pemerintah yang perlu dijaga.
"π™Έπš—πšπšŠπš πš’πš—πš’ πš™πšŽπš–πšŽπš›πš’πš—πšπšŠπš‘πšŠπš— πš’πšŠπš—πš πš™πšŽπš›πš•πšž πš”πš’πšπšŠ πš“πšŠπšπšŠ πš–πšŠπš›πš πšŠπš‘πš—πš’πšŠ, πš’πš—πš’ πš‹πšžπš”πšŠπš— πš”πšŽπš›πšŠπš“πšŠπšŠπš—, πš’πš—πš’ πšπš’πš—πšπš”πšŠπš πš™πšŽπš–πšŽπš›πš’πš—πšπšŠπš‘πšŠπš— πš‹πšžπš”πšŠπš— πšπš’πš—πšπš”πšŠπš 𝚍𝚎𝚜𝚊, πš’πš—πš’ πš’πšŠπš—πš πš™πšŽπš›πš•πšž πšπš’πš™πšŽπš›πš‘πšŠπšπš’πš”πšŠπš—," sampainya.

Maka dari itu dirinya meminta kepada para tokoh dan kades, mohon arahan dan masukan.
"π™Όπš˜πš‘πš˜πš— πšœπšŠπš‹πšŠπš› πšœπšŽπš•πšžπš›πšžπš‘ πš–πšŠπšœπš’πšŠπš›πšŠπš”πšŠπš, πšžπšπšŠπš–πšŠπš—πš’πšŠ πšπš˜πš”πš˜πš‘ π™ΊπšŽπš•πšŽπš‹πšžπš—, πšπšŠπš— πšπš’ πš–πš’πš—πšπšπšž πš™πšŽπš›πšπšŠπš–πšŠ πšŠπš”πšŠπš— 𝚜𝚊𝚒𝚊 πš‹πšžπš”πšπš’πš”πšŠπš— πš—πšŠπš—πšπš’, πš‹πšŠπš‘πš πšŠ π™Ώπš“. π™±πšžπš™πšŠπšπš’ πš’πš—πš’ πš‹πš’πšœπšŠ πš–πšŽπš—πšπšπšŠπš—πšπš’ π™Ώπš“. π™³πšŽπšœπšŠ," lagapnya sambil diiringi riuh tepuk tangan.

Masih kata H. Ab, sapaan akrabnya H. Abdullah Hidayat, di minggu pertama ini akan kami buktikan, dalam pemerintahan Bapak Rudi ini, minggu pertama ini akan kami buktikan.
"πš‚πšŽπš”πšŠπš›πšŠπš—πš πš‘πšŠπš›πš’ πšπšŠπš‹πšž (πš–πšŠπš”πšœπšžπšπš—πš’πšŠ, 31/01/24) πšœπšŽπš‹πšŽπš•πšžπš– πš‘πšŠπš›πš’ πšπšŠπš‹πšž πšπšŽπš™πšŠπš— (πš–πšŠπš”πšœπšžπšπš—πš’πšŠ, 07/02/24) πš‹πšŽπš‹πšŽπš›πšŠπš™πšŠ π™Ώπš“. π™³πšŽπšœπšŠ πš’πšŠπš—πš πšπš’πšπšŠπš” πš•πšžπš›πšžπšœ πšŠπš”πšŠπš— πšπš’πšπšŠπš—πšπš’," pungkasnya.

Hal ini sangat bertentangan dengan apa yang disampaikan Plt. Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Provinsi Jatim, Pulung Chausar, S.STP., M.Si saat membacakan SK pengangkatan Penjabat bupati/wali kota di Jatim di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa 30/01/24, lalu.

Pulung Chausar menyampaikan Pj bupati/wali kota memiliki hak dan wewenang sama dengan kepala daerah definitif saat menjabat.

Diantaranya, memiliki hak keuangan dan protokoler yang setara kepala daerah defnitif sesuai ketentuan perundang-undangan.

Juga mempunyai tugas kewenangan, kewajiban dan larangan yang sama dengan kepala definitif.

Dalam melakukan tugas dan wewenang Pj bupati/wali kota dilarang melakukan pengisian pejabat dan mutasi pegawai.
π™½πšŠπš–πšžπš— πš•πšŠπš›πšŠπš—πšπšŠπš— πš’πšπšž, πšπšŠπš™πšŠπš πšπš’πš”πšŽπšŒπšžπšŠπš•πš’πš”πšŠπš— πšœπšŽπšπšŽπš•πšŠπš‘ πš–πšŽπš—πšπšŠπš™πšŠπš πš™πšŽπš›πšœπšŽπšπšžπš“πšžπšŠπš— πšπšŽπš›πšπšžπš•πš’πšœ πšπšŠπš›πš’ π™ΊπšŽπš–πšŽπš—πšπšŠπšπš›πš’,” terang Pulung Chausar saat membacakan keputusan Kemendagri saat pelantikan,

Selain itu, Pj. bupati/wali kota dilarang membatalkan perizinan yang dikeluarkan pejabat sebelum dan atau mengeluarkan perizinan yang berbeda dengan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya, juga dilarang membuat kebijakan pemekaran daerah serta membuat kebijakan yang berbeda dengan program-progam pejabat sebelumnya.


Dikutip dalam Peraturan Bupati Sampang Nomor 27 tahun 2021 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa. 
tegas diatur pada pasal 72 angka :


(4) π™ΏπšŽπš—πš“πšŠπš‹πšŠπš π™ΊπšŽπš™πšŠπš•πšŠ π™³πšŽπšœπšŠ πšπšŠπš•πšŠπš– πš–πšŽπš•πšŠπš”πšœπšŠπš—πšŠπš”πšŠπš— 𝚝𝚞𝚐𝚊𝚜, πš πšŽπš πšŽπš—πšŠπš—πš πšπšŠπš— 
πš”πšŽπš πšŠπš“πš’πš‹πšŠπš— πšπš’πš•πšŠπš”πšžπš”πšŠπš— πšŽπšŸπšŠπš•πšžπšŠπšœπš’ πšœπšŽπšπš’πšŠπš™ 6 (πšŽπš—πšŠπš–) πš‹πšžπš•πšŠπš— πš˜πš•πšŽπš‘ πšƒπš’πš– π™΄πšŸπšŠπš•πšžπšŠπšœπš’ 
πš”πš’πš—πšŽπš›πš“πšŠ π™ΏπšŽπš—πš“πšŠπš‹πšŠπš π™ΊπšŽπš™πšŠπš•πšŠ π™³πšŽπšœπšŠ; 
(5) πšƒπš’πš– π™΄πšŸπšŠπš•πšžπšŠπšœπš’ πš”πš’πš—πšŽπš›πš“πšŠ π™ΏπšŽπš—πš“πšŠπš‹πšŠπš π™ΊπšŽπš™πšŠπš•πšŠ π™³πšŽπšœπšŠ πšœπšŽπš‹πšŠπšπšŠπš’πš–πšŠπš—πšŠ πšπš’πš–πšŠπš”πšœπšžπš πš™πšŠπšπšŠ 
𝚊𝚒𝚊𝚝 (4) πšπš’πšπšŽπšπšŠπš™πš”πšŠπš— πšπšŽπš—πšπšŠπš— π™ΊπšŽπš™πšžπšπšžπšœπšŠπš— π™±πšžπš™πšŠπšπš’;


Dikonfirmasi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Chalilurrahman oleh Lacakpos&Tim hanya memastikan jika sejumlah  143 desa saat ini sedang dijabat Pj. Kepala Desa dan sisanya 37 masih dijabat Kepala Desa definitif. 
"π™ΌπšŠπšŠπš π™ΏπšŠπš”, πš‚πšŠπš’πšŠ πšœπšŽπšπšŠπš—πš πšœπšŠπš”πš’πš πšπšŠπš— 𝚜𝚊𝚊𝚝 πš’πš—πš’ πšœπšŽπšπšŠπš—πš πš”πš˜πš—πšπš›πš˜πš• πšπš’ π™ΏπšŠπš–πšŽπš”πšŠπšœπšŠπš—," jawabnya, Jum'at 02/02 ketika dikonfirmasi lebih lanjut wacana penggantian Pj. Kades dalam minggu ini.

Pewarta: Fach
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mantan Wabup Klaim Dirinya Menjadi Mentor Pj. Bupati Sampang, Akan Lakukan Ini di Minggu Pertama

Trending Now