Omah Edukasi Tempe Purwodadi Luncurkan Paket Asik Mudah Bikin Tempe Premium

Admin JSN
07 Januari 2024 | 08.42 WIB Last Updated 2024-01-07T01:42:12Z

ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM
: 1. Membuat tempe ternyata tidak rumit. Semua bisa membuat asal tahu cara membuatnya. Beginilah cara membuat tempe ala Omah Edukasi Tempe yang berada di Kampung Tempe Parerejo, Pasuruan. 

Yang harus diperhatikan adalah bahan baku tempe yaitu kedelai. Pilihlah kedelai yang berkualitas agar hasilnya juga maksimal 

Hari pertama: Rebus kedelai kurng lebih 90 menit. Kedelai akan mekar dan terlihat tekstur-nya sudah tidak keras untuk mempermudah proses pemecahan. Saring kedelai, buang airnya lalu digiling. Setelah digiling, cuci sampai bersih dan pisahkan kedelai dengan kulit ari-nya. Rendam di wadah dengan air bersih kurang lebih 10 jam atau satu malam supaya mengeluarkan zat asam kedelai.

Hari ke-dua: Tiriskan rendaman kedelai. Rebus kedelai hingga matang setelah mengganti air rendaman dengan air yg bersih dengan tujuan membuat tempe premium dan tidak mudah asam. Setelah matang dan tidak ada busa di rebusan kedelai, ditiriskan lagi dan letakkan di tempat terbuka untuk didinginkan. Ketika sudah dingin kedelai diberi ragi khusus pembuatan tempe untuk proses fermentasi. Kedelai yang sudah diberi ragi dibungkus menggunakan daun pisang dan dikemas menggunakan besek atau mika.

Hari ke-tiga: Tempe sudah mulai proses fermentasi berselimut jamur putih dan sudah bisa dimasak atau dikonsumsi.

2. Sasaran Omah Edukasi Tempe yaitu siswa TK, SD, SMP, SMA dan Universitas.  

Untuk edukasi tempe dari lembaga TK per siswa dikenakan biaya sebesar Rp. 5000,-  

Untuk SD, SMP, SMA dan universitas untuk edukasi dikenakan biaya RP 15.000,-  

Semua hasil edukasi tempe yang dilakukan di Omah Edukasi Tempe bisa dibawa pulang oleh peserta.

3. Omah Edukasi Tempe juga menyediakan paket per-individu. Paket per-orang dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,-

Fasilitas berupa edukasi pembuatan tempe di Omah Edukasi Tempe dan kunjungan keliling ke beberapa pengrajin di wilayah kampung tempe dan mendapatkan bingkisan untuk di bawah pulang. 

Bingkisan berisi tempe mendoan kemasan, keripik tempe, keripik menjes, dan tempe bacem.

Untuk paket individu ini minimal peserta 10 orang. 

4. Beberapa produk Omah Edukasi Tempe yang sudah dijual antara lain; mendoan kemasan, menjes mendoan, tempe bacem, keripik tempe, keripik menjes, keripik pare, dan keripik kelapa.

Omah Edukasi Tempe membuat produk tempe premium dan banyak keunggulannya. Rasanya lebih gurih, dibungkus dengan daun pisang dan bisa tahan lama tingkat kematangannya. Istimewa untuk dijadikan oleh-oleh dan aman di bawa perjalanan jauh karena proses kematangan mulai mentah sampai matang memerlukan waktu 2 hari, sehingga tidak cepat busuk dalam perjalanan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Omah Edukasi Tempe Purwodadi Luncurkan Paket Asik Mudah Bikin Tempe Premium

Trending Now