Mahasiswa UMM Bersama PKK Desa Beji Tuangkan Larutan Eco-Enzyme di Sungai Desa Beji

Eko Rudianto
21 Januari 2024 | 06.15 WIB Last Updated 2024-01-20T23:21:26Z


MALANG | JATIMSATUNEWS.COM :Pada hari minggu (14/10) mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Malang bersama Ibu Lurah serta pengurus pengolahan Eco-Enzyme di Beji melakukan kegiatan penuangan larutan Eco-Enzyme di sungai yang berada di desa Beji kota Batu. Sungai tersebut ialah Sungai Ganjaran yang berlokasi pada RT 4/RW 5 dan lokasi kedua ialah Sungai Gembi yang terletak pada Kampung Contong RT 2/RW 4. Pada penuangan larutan ini sebanyak kurang lebih 50 liter larutan Eco-Enzyme yang disebarkan, larutan eco-enzyme ini merupakan hasil buatan dari Kelompok Wanita Tani Desa Beji sendiri. Dalam proses penuangan larutan eco-enzyme ini dapat berdampak positif bagi lingkungan sekitar, terutama aliran air tempat dituangkannya larutan eco-enzyme ini. Aliran air yang dituangi eco-enzyme ini dapat menjadi bersih yang berasal dari kandungan probiotik yang berasal dari larutan eco-enzyme itu sendiri. 

Penyebaran eco-enzyme sudah banyak di terapkan di berbagai daerah untuk menyelesaikan masalah lingkungan di sungai ,sungai sendiri adalah sumber kehidupan bagi makhluk hidup ketika air sungai sudah tercemar oleh limbah dan menjadi keruh air sungai tidak dapat digunakan seperti semestinya sehingga dengan menuangkan cairan eco-enzyme dapat membantu untuk memulihkan sungai atau menjernihkan sungai serta bisa menghilangkan zat berbahaya yang ada di sungai tersebut sehingga sungai dapat di manfaatkan kembali bagi makhluk hidup.

Larutan eco-enzyme yang dibuat tentunya mempunyai tata cara dan bahan yang dipilih secara baik. Bahan untuk membuat larutan eco-enzyme dipilah dan diolah sesuai prosedur dan nantinya bahan yang sudah dipilah akan diletakkan didalam sebuah wadah dan dicampurkan dengan air sebanyak kurang lebih 50 liter air. Wadah ini harus ditutup rapat agar terjadi fermentasi yang baik sehingga menghasilkan larutan eco-enzyme yang baik pula. Eco-Enzyme sendiri ialah produk ramah lingkungan yang dibuat dari fermentasi limbah organik, seperti kulit buah-buahan dan sayuran, dan menghasilkan ozon, NO3, dan CO3 yang dapat membantu mengurangi karbondioksida dan logam berat di udara serta membersihkan udara di sungai, tanah, dan atmosfer. Selain itu, Eco-Enzyme berfungsi sebagai hormon alami untuk tumbuhan, pohon, herbisida, dan pestisida. Eco-Enzyme dapat membantu mengatasi masalah lingkungan seperti pencemaran dan iklim. Proses pembuatan larutan eco-enzyme juga harus menggunakan tata cara yang baik dan benar sehingga akan menjadikan hasil olahan yang ter-fermentasi dengan baik. 

Kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari Praktikum Mata Kuliah Gerakan Sosial yang sebelumnya telah melaksanakan sosialisasi pengolahan sampah yang dibersamai oleh DLH Kota Batu. Pada kegiatan praktikum kali ini Mahasiswa UMM mengajak warga sekitar untuk menyadari bahwa permasalahan sampah saat ini dapat berdampak pada lingkungan kedepannya sehingga diperlukan langkah-langkah pencegahan atau pengolahan sampah yang baik. Kegiatan penuangan larutan eco-enzyme ini diharapkan dapat dilakukan terus menerus sehingga lingkungan sekitar dapat terjaga kebersihannya lewat kandungan larutan eco-enzyme yang dibuat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa UMM Bersama PKK Desa Beji Tuangkan Larutan Eco-Enzyme di Sungai Desa Beji

Trending Now