Mahasiswa BINA DESA UPN “Veteran” Jawa Timur Dukung UMKM Gunung Anyar Tambak Melalui Pendampingan Pembuatan E-Commerce Q-Ris dan Shopee Food

Admin JSN
04 Januari 2024 | 14.36 WIB Last Updated 2024-01-04T10:30:57Z

 

Mahasiswa BINA DESA UPN “Veteran” Jawa Timur Dukung UMKM Gunung Anyar Tambak Melalui Pendampingan Pembuatan E-Commerce Q-Ris dan Shopee Food
ARTIKEL | JATIMSATUNEWS.COM: Mahasiswa BINA DESA UPN “Veteran” Jawa Timur Dukung UMKM Gunung Anyar Tambak Melalui Pendampingan Pembuatan E-Commerce Q-Ris dan Shopee Food

Surabaya, 23 Oktober 2023 - Mahasiswa yang tergabung dalam program Bina Desa telah memberikan bantuan yang berarti bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di RW 08 Gunung Anyar Emas Gunung Anyar Tambak. Dalam upaya untuk meningkatkan akses pasar dan mengembangkan bisnis lokal, mereka melakukan pendampingan dalam pembuatan platform e-commerce seperti Q-Ris dan Shopee Food.

Pada kegiatan Bina Desa kali ini, mahasiswa bekerja bersama UMKM setempat untuk memperkenalkan dan membimbing mereka dalam menggunakan platform e-commerce sebagai sarana untuk memasarkan produk secara daring. Pendampingan ini bertujuan untuk membantu UMKM agar dapat bersaing dalam pasar digital yang semakin berkembang pesat.

"Kami melihat potensi besar UMKM di RW 08 Gunung Anyar Emas namun terbatasnya akses pasar menjadi salah satu hambatan utama. Melalui platform e-commerce, kami berupaya membantu UMKM untuk menjangkau lebih banyak konsumen, baik secara lokal maupun global," ungkap Andi Pratama, salah satu anggota tim Bina Desa.

Proses pendampingan ini melibatkan serangkaian pelatihan dan pengajaran kepada para pelaku UMKM tentang cara memanfaatkan platform Q-Ris dan Shopee Food. Mahasiswa memberikan panduan tentang proses pendaftaran, manajemen penjualan, penggunaan fitur-fitur platform, serta strategi pemasaran online yang efektif.

"Mendapat bimbingan dari mahasiswa Bina Desa sangat membantu saya memahami cara menggunakan platform e-commerce untuk memasarkan produk-produk kerajinan saya. Sekarang, saya dapat menjangkau lebih banyak pembeli di luar wilayah lokal," ujar Pramudiana, salah seorang pelaku UMKM yang mendapatkan pendampingan.

Pendampingan pembuatan e-commerce ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi UMKM RW 08 Gunung Anyar Emas untuk meningkatkan pendapatan dan memperluas pangsa pasar mereka. Selain itu, penggunaan teknologi diharapkan juga dapat meningkatkan efisiensi operasional serta kemampuan bersaing UMKM dalam era digital saat ini.

Melalui kolaborasi antara mahasiswa dan UMKM, pendampingan ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi para pelaku usaha lokal, tetapi juga menjadi langkah awal dalam mendukung transformasi digital yang lebih luas di kalangan UMKM. Diharapkan bahwa inisiatif ini dapat menjadi dorongan positif bagi pengembangan ekonomi lokal serta memperkuat ketahanan ekonomi masyarakat di RW 08 Gunung Anyar Emas.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa BINA DESA UPN “Veteran” Jawa Timur Dukung UMKM Gunung Anyar Tambak Melalui Pendampingan Pembuatan E-Commerce Q-Ris dan Shopee Food

Trending Now