Mahasiswa BINA DESA UPN “Veteran” Jawa Timur Dorong Peningkatan Produktivitas UMKM Gunung Anyar Tambak Lewat Pencatatan Keuangan Digital

Admin JSN
03 Januari 2024 | 22.08 WIB Last Updated 2024-01-03T16:28:48Z


 Mahasiswa BINA DESA UPN “Veteran” Jawa Timur Dorong Peningkatan Produktivitas UMKM Gunung Anyar Tambak Lewat Pencatatan Keuangan Digital

ARTIKEL | JATINSATUNEWS.COM: Surabaya, 26 November 2023 - Sebuah inisiatif yang progresif telah dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam kegiatan Bina Desa di RW 08 Gunung Anyar Emas Kelurahan Gunung Anyar Tambak. Mereka memberikan bantuan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat dengan pendampingan dalam penggunaan pencatatan keuangan digital.

Kegiatan Bina Desa kali ini bukan hanya memfokuskan pada pembangunan fisik, namun juga pada aspek digitalisasi yang penting untuk kemajuan ekonomi masyarakat. Mahasiswa bekerja sama dengan UMKM setempat untuk mengenalkan dan melatih mereka dalam menggunakan aplikasi pencatatan keuangan digital guna mempermudah manajemen keuangan usaha mereka.

Salah seorang anggota tim Bina Desa, Muhammad Syahru Ramadhan, menjelaskan, "Kami menyadari pentingnya pengelolaan keuangan yang baik bagi kelangsungan UMKM. Oleh karena itu, kami berinisiatif mengenalkan aplikasi pencatatan keuangan digital kepada para pelaku usaha di RW 08 Gunung Anyar Emas sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing mereka."

Melalui serangkaian pelatihan dan sesi praktik langsung, mahasiswa memandu para pelaku UMKM dalam menggunakan aplikasi pencatatan keuangan yang sederhana namun efektif. Mereka diajarkan bagaimana mencatat pemasukan, pengeluaran, persediaan barang, dan berbagai transaksi keuangan lainnya secara digital.

"Sebelumnya, mencatat keuangan usaha secara manual seringkali memakan waktu dan rawan kesalahan. Dengan adanya aplikasi pencatatan keuangan ini, saya merasa lebih terorganisir dan dapat melacak arus kas usaha dengan lebih baik," ujar Bu Narti, salah seorang pelaku UMKM yang menerima pendampingan.

Langkah digitalisasi ini diharapkan dapat membantu UMKM yang berada di RW 08 Gunung Anyar Emas untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. Selain itu, pemahaman yang lebih baik tentang keuangan juga diharapkan mampu membantu mereka dalam perencanaan bisnis jangka panjang.

Dengan adanya upaya kolaborasi antara mahasiswa dan pelaku UMKM, diharapkan bahwa penggunaan aplikasi pencatatan keuangan digital ini bukan hanya akan memberikan manfaat dalam hal administrasi, tetapi juga akan membuka wawasan baru terhadap pentingnya teknologi dalam meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM lokal.

Inisiatif ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam mendorong adopsi teknologi di kalangan UMKM serta membantu mereka beradaptasi dengan tren digitalisasi yang semakin merambah dalam dunia usaha saat ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa BINA DESA UPN “Veteran” Jawa Timur Dorong Peningkatan Produktivitas UMKM Gunung Anyar Tambak Lewat Pencatatan Keuangan Digital

Trending Now